Review Buku “Cyberspace and Culture”

MATAMEDIA- RI.com – Buku ini ditulis oleh beberapa orang penulis dari berbagai latar belakang. Buku ini merupakan bentuk dari suatu keresahan dan juganya kurangnya kritik terhadap berkembangnya dunia teknologi dalam bentuk cyber. Dimana dalam buku ini kritikan tersebut dituangkan dalam bahasa tulisan yang mudah untuk dipahami, tidak hanya untuk mahasiswa yang menempuh jurusan Ilmu Komunikasi, namun juga masyarakat pada umumnya.

Didalam buku ini pula para penulis menyajikan dan memperlihatkan fenomena yang berkaitan dengan dunia cyber yang tidak dapat dielakkan di era teknologi masa kini. Tapi para penulis ingin menggaris bawahi bahwa selain dampak positif, namun sekarang ini ditengah kemajuan teknologi dan cyber yang pesat, banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang bagaimana dunia cyber telah membentuk suatu gaya hidup konsumerisme, banyaknya pertarungan ideologi berkedok SARA, terutama dengan adanya Media Sosial saat ini. Banyak masyarakat kemudian mengalami tingkat “kecanduan terhadap dunia cyber) sangat tinggi dan belum dapat menyaring informasi yang baik dan bermanfaat.

Dalam buku yang memiliki 10 bab tersebut dapat ditemukan berbagai informasi yang detail dan juga menggambarkan identitas dan gaya hidup yang menjadi tolok ukur masyarakat Indonesia saat ini. Ada pula pembahasan mengenai adanya “budaya berbagi” yang berkaitan dengan industri musik digital saat ini, hal ini berkaitan dengan adanya “pembajakan” dalam karya cipta orang lain. Buku ini merupakan suatu petunjuk dan acuan dalam penggambaran betapa kompleksnya permasalahan dalam dunia cyberspace walaupun tidak semuanya dapat terangkum, namun kita dapat menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu digali dan dikritik agar kita sebagai masyarakat dapat mem-filter apa yang positif dan negatif dari perkembangan teknologi dan cyberspace.

  • Judul Buku : CYBERSPACE and CULTURE (Melihat Dimanika Budaya

Konsumerisme, Gaya Hidup, dan Identitas dalam Dunia Cyber)

  • Penulis : Primada Qurrota Ayun, Mutia Rahmi Pratiwi, Kheyene Molekandella

Boer, Kristina Andryani, Didik Haryadi Santoso, Khairul Arief

Rahman, Arif Kusumawardhani, Filosa Gita Sukmono, Puri Kusuma

Dwi Putri, Fajar Junaedi

  • Penerbit : Buku Litera Yogyakarta
  • Tahun Terbit : 2014
  • Tebal Buku : xii + 230 halaman

Penulis: Andhika Yoga Saputra. Univeritas Mercu Buana Yogyakarta

Editor:  *R★.V.★N*

One Comment on “Review Buku “Cyberspace and Culture””

  1. you’re really a good webmaster. The website loading speed is incredible. It seems that you are doing any unique trick. In addition, The contents are masterwork. you’ve done a magnificent job on this topic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *