ADUIN FEST 2017: Creative Advertising Festival 2017 “Nyepik Becik – Pikirkan Apa yang Kamu Katakan”

MATAMEDIA- RI.com – Tak disadari hilangnya komunikasi secara empatik, sebuah bentuk dari Patologi Komunikasi Modern yang menjadikan bentuk kekerasan simbolik di era digital saat ini. Dan bagaimana kita bijaksana dalam menggunakan perangkat media sosial dan tetaplah pikirkan dulu apa yang kita bicarakan dari simbol yang berbentuk (tulisan/foto) di media sosial.

Mari kita mulai bareng-bareng “Nyepik Becik” dalam penggunakan perangkat media sosial yang lebih baik. Pikirkan Dulu Apa yang Kita Katakan yakni tema yang diusung pada acara ADUIN FEST 2017. Apa itu ADUIN FEST ?

ADUIN FEST merupakan festival periklanan yang diselenggarakan oleh seluruh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Advertising Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. AdUIN yang memiliki dua makna dalam kata tersendiri yakni Advertising dan UIN sebagai salah satu instansi acara diselenggarakan. Ditemui selesai acara Awarding Night beberapa hari lalu di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Angga Saputra selaku ketua pelaksana AdUIN mengungkapkan, AdUIN itu sebenarnya merupakan kompetisi periklanan. Pada tahun 2017, AdUIN sudah memasukin tahun keempat. Sebelumnya ADUIN ini sudah didukung oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, dimana yang sering kita kenal dengan P3I Pengda DIY. Dan diselenggarakan Aduin ini, kita ingin memperkenalkan secara luas kepada publik atau masyarakat bahwa program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ada konsentrasi dibidang Advertising. Sehingga mampu bersaing dalam ranah periklanan yang mampu menunjukan ide kreatif mahasiswa dengan Universitas lainnya.

Kegiatan Aduin yang diselenggarakan dalam kegiatan tahunan ini telah dilaksanakan pada  tahun pertama di tahun 2014, dan di tahun 2017 inilah tahun keempat diselenggarakannya Aduin dengan kreativitas perkembangan teknologi sehingga menjadikan latarbelakang permasalahan-permasalahan yang menarik untuk diangkat. Aduin 2017 mengusung tema “Nyepik Becik-Pikirkan Apa yang Kamu Katakan”. Tema Aduin tahun ini lebih menekankan pada pemikiran di era teknologi digital saat ini, dimana telah menjadikan ruang sebebas-bebasnya untuk berpendapat bagi publik (masyarakat). Sehingga menimbulkan dampak yang berpengaruh dalam berbicara dengan baik di media sosial.

Ditambahkan penjelasan oleh Akyun selaku wakil ketua pelaksana Aduin bahwasanya tema yang diusung Aduin tahun ini, memiliki dua arti kata yaitu kata “Nyepik” merupakan istilah bahasa Indonesia yang berarti “berbicara”, sedangkan “Becik” yang memiliki arti kata “baik” atau “bijaksana”. Sehingga dari permasalahan yang diangkat di tahun ini mampu mengajak para mahasiswa khusus konsentrasi periklanan di era digital saat ini dengan menemukan banyak sekali pendapat-pendapat yang kurang baik, berupa tulisan maupun foto yang ditunjukan pada publik, seperti kabar Hoax dan bully di media sosial tanpa filter yang diberikan dengan pendapat sesukanya. “Maka kami disini ingin mengajak seluruh mahasiswa bersama-sama, ayo kita menjaga bicara kita di media sosial dengan cara kita pikirkan dulu, apa yang akan kita bicarakan. Hal ini merupakan bentuk komunikasi persuasi dalam mengkampanyekan anti cyberbullying dan hatespeech melalui kompetisi periklanan seluruh mahasiswa.” ujar Akyun selaku wakil ketua pelaksana ADUIN.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            

Aduin Fest di tahun 2017 ini merupakan sarana untuk berkreasi para mahasiswa Ilmu komunikasi yang mampu menunjukan kreasi melalui bakat-bakat mahasiswa Advertising lewat event ADUIN yang diselenggarakan oleh seluruh mahasiswa Advertising ilmu komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Melalui event ini mahasiswa Advertising ilmu komunikasi UIN Sunan Kalijaga diharapkan dapat memberikan wadah bagi mahasiswa dalam menunjukan ide-ide kreativitasnya lewat event dengan menunjukan kepedulian Advertising UIN terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat melalui dunia digital saat ini, terutama di media sosial. Sehingga permasalahan ini dibentuk dalam event ini dengan cara kompetisi kreatif berupa sebuah karya iklan yang telah dikompetisikan, yaitu PrintAd, TVC, dan Digital Activation.

Hal inilah yang melatar belakangi kompetisi kreatif dalam sebuah iklan untuk mengajak kalangan mahasiswa khususnya konsentrasi periklanan di seluruh universitas Indonesia. Selain kompetisi Advertising, Aduin 2017 tahun ini yang diselenggarakan dalam melibatkan rangkaian acara kegiatan dan berlangsung pada tanggal 17-18 Mei 2017. Adapun rangkaian kegiatan dari Aduin 2017 meliputi: Talkshow, Gallery, dan Awarding Night.

Sebagai festival periklanan, Aduin semakin tahun selalu meningkat dengan hadirnya peserta talkshow maupun kreator muda yang terlibat dalam berkompetisi dibidang periklanan, Akyun selaku wakil ketua pelaksana Aduin menjelaskan, antusiasme dari keseluruhan baik peserta kompetisi maupun panitia pelaksana. Kemasan konsep acara Aduin yang semakin menarik, rapi, dan publikasi semakin melebar dengan adanya relasi kepada beberapa media online, cetak, maupun media digital, dan mengaet Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) di universitas lainnya, ujar Akyun.

Identitas sebuah acara sangat diperlukan sebagai ciri khas event akan diselenggarakan. Oleh karena itu, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan acara pada satu konsep yakni di bidang Advertising baik dari talkshow maupun kompetisi kreatif bagi mahasiswa di bidang Advertising.

Talkshow tahun ini yang diselenggarakan Aduin di Lt.1 Convention Hall UIN Sunan Kalijaga kali ini mengenai dunia Advertising, Pengemasan pesan iklan secara kreatif kali ini adalah “Brand Director”. Talkshow yang menghadirkan praktisi handal di dunia Advertising, diantaranya Handoko Herdroyono – praktisi advertising Ardawitter, dan Creative Storyteller and Producer of Filosofi kopi movie, dan Budiman Hakim – praktisi handal di dunia Copywritter and Advisor at MAC909.

Talkshow kali ini dibuka dengan sambutan ketua Pelaksana – Angga Saputra, Pembina Aduin – Rama Kertamukti, M.Sn, dan sambutan Ketua Kaprodi Ilmu Komunikasi – Drs. Siantari Srihartono. M, Si. Dan talkshow yang dikemas dengan isu-isu yang terjadi diera digital saat ini sangat memikat peserta terutama kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk berdiskusi dalam ranah bidang periklanan secara kreatif. Talkshow kali ini sekaligus dipandu oleh Rama Kertamukti, M.Sn. Dalam talkshow tahun ini sangatlah mengesankan bagi peserta talkshow bahwa “Aduin ini tempat untuk berkompetisi secara happy dan menularkan ide kreatif secara happy, jika kita integrasi-interkoneksi dalam keilmuan dalam beragama. Karna Allah selalu bersama dengan Orang Kreatif.” Ujar Rama Kertamukti selaku Pembina Aduin 2017.

Hal senada yang juga disampaikan pembicara handal di dunia Advertising dalam session pertama oleh Handoko Herdroyono dalam talkshow kali ini “berinovasilah dalam menguangkan ide-ide kreatif dalam persaingan di dunia bisnis untuk mengemas iklan dengan pesan yang menarik baik content- meaning-monetizing yakni good communication,” ujar Handoko Herdroyono.

Dalam session diskusi kali ini, Handoko Herdroyono berpesan kepada peserta talkshow bahwa “kunci sebuah karya adalah adjusment, dan passion yang kalian punya jika tanpa berkarya itu percuma,” ujar Rama Kertamukti selaku pemandu acara session diskusi dalam membacakan curriculum vitae dari Handoko Herdroyono.

Dengan demikian, karya-karya kreatif mahasiswa yang mengikuti kompetisi Aduin ini sangat meningkat antusiasme peserta lomba tahun ini sebanyak 133 peserta yang terdiri dari 106 karya kategori print AD, 9 karya kategori TVC, dan 18 Karya kategori Digital Activation. Ketua pelaksana Aduin mengungkapkan dari ketiga kompetisi iklan ini yang menarik dari kompetisi yang diadakan Aduin di tahun sebelumnya yaitu kategori Digital Activation, dimana kategori ini memiliki perbedaan ketertarikan peserta untuk mengikuti lomba. Bahwa kategori ini paling dekat diera digital saat ini dalam menyampaikan ide-ide kreatif tak hanya melalui media sosial saja, tetapi juga dapat melalui sebuah iklan dengan intergrasikan sebuah poster dengan media digital, seperti penggunaan website, gadget maupun media sosial. Kemudian, karya-karya peserta yang lolos penjurian etika akan di pameran di Gallery selama dua hari pelaksana Aduin berlangsung.

Gallery yang dibuka dalam lingkup Mini Stage merupakan rangkaian dari salah satu kegiatan Aduin, berupa tampilan karya-karya dari peserta yang mengikuti lomba yang lolos penjurian etika oleh juri. Mini Stage ini bertujuan untuk membagikan wawasan kepada khalayak yang berkunjung ke Gallery, terutama persoalan-persoalan yang marak terjadi di media sosial saat ini terhadap cyberbullying. Dengan adanya kompetisi iklan paling tidak tidak mengurangi tindakan-tidakan cyberbullying dan hatespeech dengan menuangkan ide kreatifnya melalui sebuah karya berupa Iklan.

Diakhir rangkaian acara Aduin kali ini yaitu Awarding Night, dimana kegiatan ini merupakan puncak dari acara Aduin 2017 sendiri. Dalam acara inilah akan diumumkan karya-karya pemenang dari masing-masing kategori kompetisi Aduin 2017. Kategori print Ad Juara I diraih oleh Universitas Kristen Petra (UKP), Juara II diraih oleh Universitas (ITB). Kategori TVC, Juara I diraih oleh Universitas Sunan Kalijaga dengan, Juara II diraih oleh Universitas Padjajaran Bandung. Dan terakhir, kategori Digital Activation, Juara I diraih oleh Universitas Gajah Mada (UGM), Juara II diraih oleh Universitas Padjajaran Bandung. Dan tak kalah pentingnya dimana ruang acara malam awarding night ini sebagai bentuk silaturahim kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam acara Aduin 2017. Sebelum rangkaian acara Awarding Night ditutup, Siska selaku Pembawa acara mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi acara ini .

Editor: *R★.V.★N*

2 Comments on “ADUIN FEST 2017: Creative Advertising Festival 2017 “Nyepik Becik – Pikirkan Apa yang Kamu Katakan””

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *