TERUS BERKARYA DAN BERPRESTASI

MATAMEDIA- RI.com – Generasi Muda Menginspirasi kali akan di wakili oleh seorang perempuan yang memiliki segudang prestasi dalam bidang akademik, Erna Fitriana dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Dia adalah mahasiswa cantik yang kerap disapa Erna. Pemilik nama lengkap Erna Fitriana ini menjalani pendidikannya saat ini di bangku perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta. Motto hidupnya “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain” selalu menjadi peganganya. Aktivis berprestasi ini tak kenal lelah untuk terus berjuang menjadi manusia yang bermanfaat dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Mahasiswa kelahiran Purbalingga ini mengawali pendidikanya di SD MIN Krangean, kemudian melanjutkan di SMP N 1 Kertanegara, SMK Muhammadiyah 2 Purbalingga dan saat ini duduk di bangku perkuliahan jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Menjadi mahasiswa yang disibukan dengan berbagai rutinitas dunia perkuliahan, tak membatasi untuk berorganisasi. Baginya organisasi adalah suatu wadah untuk mengeksplore diri, mencari pengalaman, relasi dan yang terpenting banyak pembelajaran yang didapat. Sejak SMK, Erna aktif di organisasi Ikatan Pelajar Muhamamadiyah Purbalingga.

Saat perkuliahan dia mengawali karir organisasinya dengan bergabung di berbagai organisasi kampus seperti sebagai staff BSO CIES UNY, Komisi 3 Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY dan Staff di UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY. Saat ini gadis yang akrab dipanggil Erna, aktif di UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY sebagai Wakil Ketua periode 2017.

Sejak tahun 2015, gadis kelahiran purbalingga, 19 Februari 1996 ini aktif di Islamic Mini Bank Fakultas Ekonomi Universitas negeri Yogyakarta sebagai Manager Operasional. Kemudian pada tahun 2016 sebagai General Manager Islamic Mini Bank (IMB) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Wanita yang memiliki hobi menulis dan membaca ini juga memiliki segudang prestasi yang patut diacungi jempol. Mahasiswa yang disibukkan dengan tugas perkuliahan dan organisasi ini tak lantas membatasi dirinya untuk terus berkarya. Mahasiswa semester enam ini memiliki banyak prestasi-prestasi di bidang penelitian dan penalaran baik tingkat Universitas, Regional maupun Nasional.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi ini mendapatkan Juara 1 Lomba Esai Nasional di Universitas Brawijaya, Juara 2 Liga Ekonomi Mahasiswa di Universitas Atmajaya Yogyakarta. Juara 2 Management Brain Storming di Universitas Bakrie Jakarta. Juara 3 Olimpiade Ekonomi Mahasiswa di Universitas Negeri Semarang. Juara 3 Media Pemelajaran di Universitas Negeri Yogyakarta, Juara Harapan 3 LKTI Galaksi di Universitas Negeri Surabaya dan Juara Harapan 1 LKTI Inovasi di Universitas Hasanudin Makasar,

Selain itu, Erna juga pernah menjadi pemakalah Seminar Penelitian Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Baginya kegagalan bukanlah sebuah akhir, tetapi sebuah awal perjuangan baru dengan semangat baru dan pembelajaran baru. Untuk menjadi seorang pemenang tidaklah mudah, asal ada kemauan dan kerja keras semua itu bisa diperjuangkan.

Menjadi aktivis berprestasi tak lantas harus mengesampingkan kewajiban perkuliahannya. Gadis berkulit putih ini memiliki tips sendiri untuk membagi waktu antara kuliah, organisasi dan berkarya. “Kerjakan segala hal dengan menggunakan skala prioritas dan usahakan kerjakan tepat waktu” jelas erna. Memberi prioritas dalam artian mana yang lebih mendesak dan bisa dikerjakan saat ini. Erna menambahkan bahwa jangan pernah menunda hal baik. Intinya menjalankan perintah Allah yaitu “Setelah selesai satu urusan maka kerjakan urusan yang lain”.

Pasang surut semangat dan motivasi juga selalu dijalaninya. Ketika sedang malas, dia lebih baik tidur terlebih dahulu dan tidak mengerjakan sesuatu apapun. Karena bila dipaksakan juga tidak akan optimal hasilnya.

Aktivis berprestasi ini selalu memiliki target dan mimpi-mimpi yang akan menjadi arah untuk memperjuangkannya. Target perkuliahan sebagian besar sudah tercapai, yang belum yaitu berprestasi di tingkat Internasional dan bisa jalan-jalan ke luar negeri. Mahasiswa asal Purbalingga ini masih berkeinginan untuk melanjutkan studynya di jenjang S2. “ saya harap kedepannya saya semakin menjadi manusia yang bermanfaat dalam kebaikan antar sesama dan tetap bisa terus berkarya di dunia tulis-menulis.” jelas Erna yang bercita-cita menjadi seorang dosen.

 

Penulis: Desi Rindi Rachmawati

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan