Kesan dan Pesan Panitia Innovation Contest (ICON) 2018

MATAMEDIA-RI.comInnovation Contest (ICON) 2018 yang diselenggarakan oleh UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY dengan tema “Peningkatan Peran Pemuda Melalui Sumber Daya Lokal dalam Pembanguna Sektor Perekonomian Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045” telah berhasil diselenggarakan dengan sukses. Persiapan Innovation Contest (ICON) 2018 sebagai salah satu proker utama dari UKMF Penelitian KRISTAL FE UNY memakan waktu kurang lebih 3 bulan. Tidak ada hambatan mendasar yang ditemui oleh panitia, hanya Miskomunikasi dan kesalahan teknis menjadi salah satu hal yang sering muncul. Tantangan menjadi sesuatu hal yang paling banyak ditemui oleh panitia Innovation Contest (ICON) 2018.

Tantangan yang ditemui oleh para panitia pun membuat mereka semakin tertantang untuk mensukseskan Innovation Contest (ICON) 2018. Tantangan bersama yang dihadapi oleh seluruh panitia ialah harus mencari dan mengusung konsep yang berbeda dan memberikan performa yang lebih baik dari tahun- tahun sebelumnya.

Tantangan selanjutnya yang dihadapi oleh panitia adalah pengkondisian kedatangan finalis yang waktunya berbeda-beda sehingga para panitia harus selalu sedia siap setiap saat untuk menjemput finalis yang tiba di Jogja.

Tantangan baru untuk panitia ICON 2018 ini adalah masuknya PPKTI (penulisan karya tulis ilmiah) yang juga merupakan proker dari UKMF penelitian Kristal sebagai salah satu rangkaian acara ICON 2018, sehingga membutuhkan kerja ekstra untuk mensukseskan keduanya, baik ICON maupun PPKTI (Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah).

Innovation Contest 2018

“Tantangan yang pastinya dihadapi oleh seluruh panitia adalah harus mampu membagi waktu antara kuliah dan mengerjakan tugas dengan persiapan ICON 2018. Apalagi, kepanitiaan kita tidak hanya dari Mahasiswa yang berada di kampus pusat, tetapi juga ada yang dari Wates. Oleh karena itu, kami dari UKMF penelitian Kristal sangat mengapresiasi kerja keras teman-teman semua,” ungkap Ogi Priyoga staff sie acara sekaligus Ketua Panitia PPKTI.

Setelah tantangan yang dijalani pun berubah menjadi Kesan dan Pesan. Berikut kami sajikan Kesan dan Pesan panitia ICON 2018:

Alhamdulillah, aku bangga sekali bisa menjadi ketua icon 2018. Begitu banyak pengalaman yang bisa aku dapetin diamanah ini. Senang dan susah udah jadi makanan sehari-hari lah… banyak ini dan itu. Tapi tetap aku syukuri, ya karena kalau gak kayak gitu, gak gayeng. Asyik aja menjalaninya. Bisa dapet banyak temen. Apalagi temen yang beda jurusan, pasti punya banyak pemikiran yang berbeda. Yang aku tekanin disini yaitu bagiku susah itu gakpapa, asal diriku lebih banyak menanggung susahnya, dari pada anggota lain. Tapi disisi lain, jika anggota lain merasakan kebahagiaan, aku juga ikut merasakannya. Proud of them ICON 2018.

Pesan yang pertama yaitu untuk seluruh panitia ICON 2018, semoga amanah yang telah kalian tempuh selama ini akan menjadi salah satu bagian ibadah hanya untuk-Nya. Semoga lelah kita kan menguatkan hati kita untuk terus menjalin silaturahim kedepannya. Jangan sampai kita putus hubungan karena kita sudah tidak melaksanakan rapat pada tiap pekannya. Jadikan kenangan kita selama 3 bulan ini sebagai pengalaman yang berkesan dan bertakjub keindahan. Semoga kita mendapatkan hikmah dan faedah dari kepanitiaan ini, agar dapat kita laksanakan pada program-program lainnya.

Pesan yang kedua yaitu untuk ICON 2019. Semoga ICON tidak berhenti ditahun 2018. Semoga akan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Dapat membawa inovasi yang berbeda dengan kesan yang berbeda juga. Tunjukkan bahwa kalianlah yang terbaik dari yang terbaik. Jangan tunjukkan kelemahan kalian pada jendela dunia di luar sana. Tetap junjung nama baik Fakultas Ekonomi UNY dan sukses selalu.

Muhammad Abdurrahman Mukhlis, Ketua Panitia ICON.

*

Sangat suka jadi Kominfo karena jobdescnya mudah banget untuk dilakukan. Tapi gak semuanya bisa dilakukan dengan seenaknya, jadi kominfo itu harus koordinasi satu sama lain. Yang harus ditekankan saat ini yaitu tentang pembagian PJ tiap2 anggota.

Untuk icon 2019 semoga eventnya berjalan dengan lancar dan semoga dosa-dosa yang telah dilakukan dapat diampuni. Karena jadi kominfo itu juga harus gak baperan, saat menangani peserta.

Cindy Prasetyaningtyas, Staff Sie Humas.

POBIA: Dari Bali Untuk Indonesia Semangat Bertani

*

Menjadi sie lomba merupakan hal yang baru bagiku. Tak terbayang menjadi sie lomba di event perkuliahan ini dengan skala nasional. Disini aku tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi juga teman yang dapat saling membantu. Aku yakin kalau kita saling bahu-membahu membangun jalinan persaudaraan, perjalanan ke depan akan menjadi mudah. Begitu menarik ICON 2018 karena panitianya menjadi fasilitator peserta untuk berkarya.

Semangat selalu untuk semua panitia. Jangan pernah kapok untuk ikut dalam berbagai hal kegiatan didalamnya. Jalani dengan ikhlas dan sabar.

Pramudya Anggar Kusuma, Staff Sie Lomba.

*

Jadi sie pendaftaran alhamdulillah akhirnya dapet jobdesc terutama pada saat PPKTI.

Cukup baik, semoga jobdesc di tahun 2019 dapat lebih kompleks dan terkomunikasi satu dengan yang lain.

Apfi Anna Krismonita, Bendahara.

*

Sie perlengkapan, mungkin terdengar remeh di depan khalayak umum. Tetapi pada saat hari H acara, sie perkap ternyata sangat dibutuhkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Aku sebagai anggota sie perkap yang sebelumnya belum pernah menjadi sie perkap, sangat tidak menyangka ternyata dalam menjalani jobdescnya begitu fantastis karena kami juga turut serta mengatur jalannya acara. Yang sebelumnya belum tahu menahu mengenai soundsystem, tapi sekarang sudah bisa mengetahui dan melakukannya.

Harapan untuk kedepannya semoga ICON 2019 dapat selalu jaya dan sukses. ICON harus dipertahankan karena ini merupakan sebuah ajang bagi mahasiswa untuk mencurahkan ide dan gagasannya. Dan untuk perkap di icon 2019, semoga dapat selalu ontime dan turut serta dalam membagi matriks umum untuk kepanitiaan ICON.

Kalam Mahardika S., Staff Sie Perlengkapan.

*

Wah sponsor, itu sie yang paling enggan untuk dimasuki.. tapi mau gak mau harus masuk. Di sponsor ini, kami diajari untuk bisa berhubungan dengan pihak yang memberikan sponsor. Gak hanya pihak sponsor aja, tapi kami juga diajarkan untuk berhubungan dengan media partner. Ya capek sih, kita harus muter proposal, belum lagi danusan, ada paid promote juga. Ya alhamdulillah dari sponsorship bisa menyumbangkan dananya untuk icon 2018.

Kuat, profesional, berani, tangguh.. itu aja sih yang perlu ditekankan buat icon 2019.

Indri Pamasha Maranto, Koor Sie Konsumsi.

*

Sangat senang menjadi salah satu bagian dari ICON 2018 terutama jadi sie acara. Terlebih, karena saya juga diamanahi untuk memegang salah satu rangkaian acara di ICON yaitu PPKTI. Sebagai orang yang pertama kali mengikuti organisasi, saya bisa mendapat pengalaman berorganisasi dan teman yang banyak.

Semoga ICON dan PPKTI 2019 bisa lebih meriah dari tahun sebelumnya dan semakin banyak yang berpartisipasi. Tetap jaya dan sukses selalu untuk ICON, PPKTI dan kita semua!

Ogi Prayoga, Staff Sie Acara- dan ketua panitia PPKTI.

*

Jadi sie konsumsi itu ternyata susah susah gampang ya, ngurus alergi, ngurus tempat pesen terus jumlah yang pesen, belum nanti harga yang berubah dan yang paling penting itu dana dan itu harus dikomunikasikan dengan bendahara, eyel-eyelan dengan bendahara dan pihak yang dipesankan makanan untuk peserta.

Masih perlu direkatkan lagi tiap-tiap anggota. Semoga icon 2019 menjadi lebih baik lagi. Sukses terus untuk acaranya dan panitianya yang hadir.

Reza Zizi Nurlatifah, Staff Sie Konsumsi.

*

 

Humas tu ternyata menyenangkan. Jadi tau seluk beluk jalur birokrasi dan tata cara dalam hal surat menyurat. Tapi gak hanya itu aja, jadi humas itu yang penting harus fleksibel. Pas disuruh harus mau. Karena kalau humas sendirinya telat, acara intinya tu juga akan telat. Tapiii untuk semuanya, humas kece badai dehh.

Moga humas di icon 2019 ada kating yang bisa bimbing. Begitu mengesankan klo misal ada kating yang juga bisa ikut berkiprah dalam icon di tahun mendatang.

Vani Wahyudianti, Koor Sie Humas.

*

Alhamdulillah telah berlalu 3 hari yang menegangkan. Gak kerasa capeknya kalo dilakuin bener2. Ini salah satu pengalaman yang sangat berarti buatku. Karena aku harus siap dalam segala sesuatu dan aku harus ngadepin itu semua dengan sabar dan ikhlas.

Jalani dengan sabar dan ikhlas, insyaAllah berkah.

Desi Indah Lestari, Staff Sie Pendaftaran.

*

Merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa ikut serta dalam kepanitiaan icon 2018. Teman2 panitia sangat luar biasa dedikasinya untuk kesuksesan acara. Di kepanitiaan saya di tempatkan d sie kominfo. Di sie kominfo ini saya mempunyai banyak pngalaman seperti bagaimana cara mempromosikan suatu event lewat medsos, membagi bagikan pamflet di universitas-universitas yang ada d jogja dll. Selain itu saya juga di icon 2018 di amanahi sebagai LO. Ini juga merupakan pertama kalinya bagi saya. Saya merasa sangat antusias menjadi LO karena saya dapat langsung menjalin komunikasi langsung dengan peserta ICON 2018. Saya dapat berteman dan belajar dengan orang-orang hebat seperti finalis icon merupakan suatu kebanggaan bagi saya. Pokoknya ICON 2018 awesomee.

Semoga di icon 2019 nanti dapat lebih sukses dan jebolan-jebolan tim-tim finalis lain di seluruh indonesia yang dapat ikut berpartisipasi dan menampilkan karyanya.

Sifa Amalia Fartin, Staff Sie Kominfo.

*

ICON itu bikin deg-deg entah peserta atau panitia. Menambah wawasan baru dan tidak hanya itu. Di icon saya menambah teman dan kenangan. Seneng dan sedih bareng.

Pokoknya harus lebih gayeng dan seru deh… salut buat ICON, salut buat anak2nya.

Ferrari Nur Azziza, Staff Sie PDD.

*

Udah 2 periode jadi panitia di ICON. Alhamdulillah untuk ICON 2018, selain menambah silahturahmi dengan teman-teman baru juga dapat pengetahuan dibagian konsumsi. Semua pengalaman ini hanya ada di ICON 2018.

Harus banget jadi panitia ICON !! acara Nasional yang luar biasa !

Reni Refitaningsih, Staff Sie Konsumsi.

*

 

Senang sekali bisa bergabung dengan kepanitiaan ICON 2018. Bertemu dengan orang-orang yg belum ku temui sebelumnya. Sebagai sie acara, tugas yg diberikan sangat luar biasa mengesankan karena tak ternilai harganya. Untuk ICON 2018 alhamdulillah telah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar.

Semoga ICON 2019 akan menjadi lebih baik lagi. Sie acara yang ada harus lebih baik lagi. Jangan mudah menyerah dan baperan. Karena amanah ini diberikan untuk dijalankan. Tak ada yang tidak mungkin jika kita lakukan dengan maksimal. Tetap yakin dan selalu fokus ke depan serta selalu profesional dalam segala kondisi.

Riyan Siregar, ,Koor Sie Acara.

*

Aku sangat berterimakasih pada ICON yang telah bisa mengembangkan diriku jadi lebih baik lagi. Aku dapet temen, keluarga, ilmu, dan tentunya makanan. Hehe. Tanpa asupan ICON tidak bisa berjalan dengan lancar. Keep spirit on your success.

ICON 2019 harus lebih manteb, pecah dan solid. Salam satu salam senyum!

Nalendra Lantip, Staff Sie Acara.

*

Ternyata menjadi pdd di kepanitiaan ICON sungguh melelahkan. Karena ini merupakan event untuk acara nasional dan PDD mau tak mau harus selalu siap sedia untuk bisa membantu, terutama dalam bidang desain. Saya selalu tidak mudah untuk patah semangat karena desain merupakan salah satu hobi saya, jadinya saya juga tidak menganggap bahwa jobdesc yang diberikan begitu berat. Hanya komunikasi yang perlu untuk dieratkan.

Untuk ICON 2019, semoga segala evaluasi yang ada pada icon 2018 dapat menjadi sebuah batu loncatan bagi kita semua untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Parinda Iqbal Ramadhansyah, Staff Sie PDD.

 

Tinggalkan Balasan