Tanganmu Adalah Duniamu

MATAMEDIA-RI.com – Seringkali dalam kehidupan sehari-hari kita kurang memperhatikan tentang kebersihan dan keseahatan. Tak bisa dipungkiri lagi, karna mungkin kesibukan yang begitu padat hingga membuat lupa akan menjaga kebersihan lingkungan. Seperti dari hal yang terkecil yaitu mecuci tangan. Terkadang karena terburu-buru kita lupa mencuci tangan saat hendak atau sekedar mencicipi sesuatu, mencomot makanan tanpa perlu mencucui tangan, hingga menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kumat maupun bakteri.

Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah paling penting untuk mencegah penyakit. Menurut penelitian, mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit (seperti influenza, diare, hingga hepatitis A) hingga 50%. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mencuci tangan yang benar sesuai standar World Health Organisation (WHO) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa tanganku adalah duniaku? Karena kita melakukan sesuatu hal tentu lebih notabene mendapat kontribusi dari tangan bukan?. Maka dari itu kita tetap harus menjaga kebersihan tangan dengan “6 langkah cuci tangan yang bersih dan sehat  yang diterapkan oeh WHO” . Cuci tangan adalah membasuh kedua telapak tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan tindakan dengan tujuan untuk menghilangkan kuman. Membiasakan cuci tangan sejak dini merupakan langkah awal untuk mencegah masuknya kuman dan resiko tertularnya penyakit.

Ada 6 langkah cuci tangan sesuai standar WHO:

  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut degan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
  3. gosok sela – sela jari tangan hingga bersih.
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
  5. gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Setelah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer. Anda juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Dengan melakukan cuci tangan yang benar, Anda akan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit akibat kuman. Untuk itu, mulai saat ini terapkanlah kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar.  Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?. Jangan lupa cuci tangan, karena tanganmu adalah duniamu :).

Penulis: Anisahnesyah

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan