Pola Hidup Sehat Mahasiswa

MATAMEDIA-RI.com – Hidup sehat memang sangat diidamkan oleh setiap jiwa, baik dari balita, remaja, dewasa, maupun orang yang sudah tua renta. Berbicara soal hidup sehat, ada yang berpendapat bahwa kebanyakan orang yang tinggal di pedesaan lebih bugar dan sehat ketimbang kebanyakan orang yang tinggal di kota

Sebenarnya alasannya cukup sederhana, orang di pedesaan biasa hidup untuk bertani, berladang. Jadi, pagi-pagi hari mereka sudah bangun pagi untuk persiapan bertani maupun berladang. Mereka lebih sering mendapat sinar matahari pagi karena mereka bekerja di luar ruangan. Selain itu, makanan orang yang di desa pun lebih alami. Nah, sedangkan kehidupan di kota berbanding terbalik dengan kehidupan di desa.

Orang kota lebih dominan bekerja di dalam ruangan tertutup. Makanannya pun tidak seperti orang desa. Ada yang sebagian mengandung pengawet yang tanpa disadari oleh si pemakan. Tentu ini akan memberi pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, tetapi tidak semua orang yang tinggal di kota dominan tubuhnya tidak sehat ya, ini kembali lagi ke diri masing-masing.

Maka dari itu, cukup masuk akal bila ada yang berpendapat bahwa orang yang tinggal di desa lebih berpotensi memiliki tubuh yang sehat dan bugar dari pada yang tinggal di kota. Untuk mewujudkan hidup sehat alami, tak ada salahnya kita menerapkan hidup sehat alami. Ini kalo bicara perbandingan antara orang kota dan pedesaan.

Tidak hanya di kehidupan masyarakat pedesaan dan kota, kini kita akan membahas tentang pola hidup sehat mahasiswa, karna banyaknya aktivitas yang harus dijalankan oleh mahasiswa sering kali tidak mempunyai waktu untuk olahraga, dan banyaknya aktivitas sehingga membuat mahasiswa tidur larut malam dan tidak memperhatikan apa yang mreka makan. Jika kebiasaan buruk tersebut terus di pelihara tentunya kesehatan tubuhnya akan terancam tidak sehat atau mudah terserang penyakit.

Padahal dengan banyaknya aktivitas yang perlu dijalanin, mahasiswa diharapkan selalu berada dalam keadaan sehat.

Berikut beberapa cara penerapkan pola hidup sehat yang bisa kita lakukan:

  1. Bangun pagi dan olahraga teratur
    Bangun pagi itu sehat, terlebih lagi diselingin dengan olahraga. Melakukan olahraga rutin setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena olahraga dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh kita. Olahraga juga akan membuat kondisi tubuh tetap stabil serta aktivitas yang kita lakukan setiap hari terasa lebih ringan dan kita tidak mudah lelah.

 

  1. Jalani hari-hari penuh dengan semangat

Tiada hari tanpa semangat. Semangat mampu membangkitkan jiwa dan tidak membuat kita menjadi lesuh. Yang pasti semangat mampu menaikkan mental kita.

 

  1. Jangan merokok

Rokok sering kali dijadikan pelarian saat mahasiswa mengalami stress, padahal apapun alasannya rokok tidak baik bagi kesehatan. Bebarapa study telah menemukan bahwa merokok merugikan seluruh organ tubuh Anda, menyebabkan banyak penyakit dan juga dapat merugikan orang-orang yang ada di sekitar anda saat anda merokok.

 

  1. Perbanyak minum air putih

70% manusia terdiri dari air. Kekurangan cairan akan membuat tubuh kita menjadi lemas. Maka banyaklah untuk mengkonsumsi air setiap harinya. Dianjurkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

 

  1. Biasakan makan dengan teratur

Tidak jarang sebagian orang mengabaikan hal ini. Biasakanlah untuk makan teratur. Jangan pernah menunda-nunda makan. Bila kebiasaan menunda makan sering dilakukan, bukan tidak mungkin akan mendatangkan penyakit seperti asam lambung, maag.

 

  1. Hindari stress berlebihan

Memang sih semua orang pasti pernah mengalami stress. Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk tidak terlalu berlebihan akan hal itu. Bila stress sudah berlebihan, alangkah baiknya rilekskan diri sejenak. Jangan terlalu membebani hidup dengan stress. Selalu untuk berpikir positif agar hidup kita jauh lebih terarah dan lebih rileks.

 

  1. Istirahat yang cukup

Walau banyak rutinitas yang kita lakukan setiap hari, bukan berarti tubuh kita tidak membutuhkan istirahat. Istirahat yang cukup sangat dianjurkan karena istirahat dapat mengembalikan stamina tubuh serta membuat semangat baru.

Peranan Mahasiswa-Mahasiswi Dalam Perbaikan Kesehatan Di INDONESIA

Jadi kesimpulan yang dapat saya ambil dari tulisan di atas adalah masyarakat perkotaan lebih cendrung sering terserang penyakit dari pada masyarakat perdesaan, kenapa? Karena masyarakat pedesaan melakukan pekerjaan di pagi hari dan identik terkena sinar matahari pagi tentunya sangat baik bagi kesehatan, sedangkan masyarakat kota bekerja di dalam ruangan dan sering terkena AC ( air Conditioner) Dari pola makanan juga masyrakat pedesaan tentunya sering mengkonsumsi makanan hasil perkebunan yang mereka tanam, contohnya sayur-sayuran sedangkan masyarakat kota mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan kimia tentunya tidak baik bagi kesehatan. Untuk bisa bermanfaat mahasiswa harus terlebih dahulu menerapkan pola hidup sehat untuk bisa melekat dengan masyarakat.

Penulis: Muhammad Iksan

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan