EXPO Febipreneur 2018: Millenials Generation With Entrepreneurship

Lembaga Kegiatan Mahasiswa Fakultas (LKMF) Febepreneur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan mengadakan “Expo Febipreneur” selama tiga hari, dari tanggal 24 sampai 26 April dengan tujuan menumbuhkembangkan jiwa kreatif, inovatif, dan pengusaha dalam diri mahasiswa-mahasiswi untuk memajukan perekonomian bangsa dengan cara menciptakan produk baru.


YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – Indonesia memiliki banyak jumlah perguruan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan-lulusan yang banyak. Akan tetapi dari setiap lulusan itu tidak semuanya langsung mendapatkan pekerjaan. Banyak diantara mereka yang masih menunggu adanya lowongan pekerjaan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) telah terjadi kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017.

Dengan demikian perlu dipupuk jiwa wirausaha atau entrepreneurship dikalangan mahasiswa-mahasiswi. Jiwa entrepreneurship akan mendidik orang untuk berpikir kreatif dan inovatif serta pantang menyerah sehingga ketika lulus seorang mahasisawa-mahasiswi tidak akan mengandalkan pekerjaan yang ada melainkan mereka menciptakan lapangan pekerjaan dengan ide-ide kreatif serta jiwa entrepreneurship yang telah tertanam di dalam jiwa mereka.

LKMF Febipreneur adalah wadah bagi mahasiwa-mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyarta untuk mengekpresikan dan mengimplementasikan teori-toeri kewirausahaan guna menciptakan suatu produk baru.

Cikal bakal LKMF Febepreneur adalah dari Eksyapreneur yang berdiri tanggal 9 Oktober 2015, yaitu lembaga entrepreneur dari program studi Ekonomi Syariah. Seiring perkembangannya banyak  mahasiswa dari program studi yang lain ingin menjadi anggotanya maka terbentuklah LKMF Febipreneur.

Dalam perjalanannya Eksyapreneur mempunyai acara tahunan yaitu bazar. Konsep dari bazar di sini hampir sama dengan EXPO yang diadakan oleh Febipreneur. Bazar diisi dengan acara seperti talkshow, lomba, dan fun game sesuai dengan kesepakatan setiap tahunnya.

Dalam usianya yang masih muda LKMF Febipreneur membuat gebrakan besar dengan mengadakan EXPO Febipreneur untuk pertama kalinya. EXPO ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memperoleh usaha didunia bisnis dan menciptakan jiwa kewirausahaan kepada mahasisawa-mahasiswi.

Entrepreneur disini dapat diartikan proses kegiatan kreativitas dan inovasi menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan.

Lukman Hakim Muzakki selaku ketua panitia EXPO Febipreneur menjelaskan, pemikiran orang Indonesia masih tradisional, maksudnya orang Indonesia masih mencari-cari pekerjaan yang ada, seharusnya pemikiran yang seperti itu diubah dan dihilangkan. Mereka masih terobsesi dan berekspektasi pada lapangan pekerjaan bukan pada kemampuan dirinya sendiri.

Kegiatan EXPO ini diharapkan menumbuhkembangkan mental entrepreneurship bagi mahasiswa yang kelak akan membuka atau menciptakan lowongan pekerjaan bagi orang lain.

EXPO Febipreneur ini juga memberikan ruang bagi mahasiswa-mahasiswi yang mengambil kelas entrepreneurship guna mengimplementasikan teori-teori yang sudah didapat di dunia perkuliahan untuk menciptakan suatu produk dan menjualnya.

EXPO Febipreneur akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 24 sampai 26 April. Hari pertama akan diisi dengan acara pembukaan  bazzar, performer yang menampilkan pantomim dan solo akustik. Pada siang hari akan dilaksanakan lomba kreasi mie yang akan diadakan di Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam lomba kreasi mie disini para peserta harus memadukan mie dengan berbagai bahan campuran yang lain seperti tempe dan bahan-bahan sayuran lainnya. Juri dari masakan kreasi mie akan dinilai oleh pihak dari PT. Indofood region Yogyakarta.

Di hari kedua akan ada Talkshow dan pelatihan youteber serta lomba fashion show. Pelatihan youtuber disini akan diisi oleh Hafied seorang youtuber yang memiliki lebih dari 11k subscriber dan pernah masuk 10 tranding topic. Di siang harinya akan ada beuty class yang bekerja sama dengan wardah bagaimana cara bermakeup dengan baik. Tidak sampai disitu, kegiatan menarik lainnya yaitu fashion show yang akan menampilkan inovasi-inovasi dari pakaian muslim modern dan kekinian. Penilain dari fashion show disini akan dinilai langsung oleh pihak Wardah.

Di hari kedua juga diadakan kegiatan donor darah oleh PMI yang dibuka untuk umum. “kegiatan donor darah disini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama,” tutur Lukman hakim.

Kegiatan terakhir dari EXPO Febipreneur 2018 adalah Talkshow Inspired figur and motivator yang akan diisi Hanif M Ibrahim, yang memiliki prestasi internasional maupun nasional, pernah menjadi delegasi Saouth Of Korea Global Exchange 2018, inisiator kampoeng hompimpa jogja dan juara 1 lomba baca puisi mahasiswa tingkat se-DIY. Pemateri yang kedua Ibrahim H Hisbullah pemilik Rumah makan udon Dashi Kombu dan masuk Grand final “Busines Project Award 2017” Cendi.

Tidak lupa setelah talkshow inspired akan diumumkan para pemenang dari lomba-lomba yang telah diadakan. Pemenang lomba kreasi mie dan lomba fashion show.

Penulis: Rifai Aulia

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan