CAKRAWALA: Off Air MMTC TV Cultural Day 2017

MATAMEDIA- RI.com – Budaya adalah karya, karakter, identitas dan jati diri sebuah bangsa yang diwariskan turun temurun oleh para pendahulu. Karya dalam budaya sendiri beraneka ragam, mulai dari karya seni tari, seni musik, seni lukis, senjata, busana dan lain-lain.

Sudah bukan hal yang asing lagi kan, fakta bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki ragam budaya terbanyak di dunia?

Masih ngga percaya? Coba deh teliti ragam budayanya dari ujung kulon sampai ujung timur, dari Sabang sampai Merauke. Ribuan pulau yang timbul di atas perairan Indonesia adalah bukti bahwa ragam budaya yang kita miliki mencapai jutaan!

Pertanyaannya sekarang, masihkah seni budaya kita ini lekat dalam kehidupan sehari-hari?

Apakah anak-anak kecil masa kini suka melantunkan lagu-lagu daerah? Apakah anak-anak bahkan masih suka memainkan permainan benteng, dakon/congklak, kelereng atau permaian khas milik kita jaman dahulu? Apakah busana adat saat ini dikenakan untuk kegiatan sehari-hari?

Di era globalisasi yang tatanan kehidupannya praktis dan maju ini, tanpa kita sadari membuat kita tenggelam memasuki dunia modern. Karena biar bagaimanapun, menangkis pesatnya kemajuan zaman ini ibarat waktu yang mengalir bagaikan air, dan kita hanyalah sehelai daun yang tidak bisa melawan arusnya.

salah satu peserta membawakan seni tari dari Dayak (Dokumentasi MMTC)

Mengikuti kemajuan zaman adalah kebutuhan.

Namun demikian bukan berarti kebudayaan kita tinggalkan, bukan?

Berbagai event mengenai kesenianpun terselenggara dalam misi pelestarian budaya. Penyenggaranya bermacam-macam, mulai dari pemerintah, perusahaan, kelembagaan tertentu, bahkan dari kalangan mahasiswapun tak mau ketinggalan.

Begitu pula dari civitas akademika MMTC Yogyakarta.  Segenap mahasiswa yang tergabung dalam organisasi MMTC TV ini turut serta melaksanakan misi pelestarian budaya.

Cakrawala, demikian nama eventnya. Nama yang memiliki makna dalam ini adalah singkatan dari “Cermin Warisan Budaya dalam Media Karya”. Cakrawa sendiri merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh MMTC TV dalam rangka memperingati hari ulang tahun MMTC Yogyakarta.

Kebersamaan seluruh tim Cakrawala 2017 (Dokumentasi MMTC)

Cakrawala ini adalah produk variety show, gabungan terbesar antara crew teknik, crew program, crew pemberitaan, dan crew teknik MMTC TV.

Dimulai Jum’at 27 Oktober 2017 lalu, Cakrawala telah menyelenggarakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah Off Air MMTC TV Cultural Day 2017.

Off Air MMTC TV Culturan Day 2017 merupakan ajang pecarian bakat seni tradisional di wilayah DI Yogyakarta.  Ajang pencarian bakat ini berupa kompetisi seni pertunjukan bertemakan budaya, diantaranya cover lagu daerah, tari tradisional, dan aransemen lagu daerah, dimana dua pemenang utamanya akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi guest star dan perform di acara On Air Cakrawala 2017, event puncaknya Cakrawala.

Salah satu peserta membawakan dari adat Bali (Dokumentasi MMTC)

Off Air yang digelar di studio 3 MMTC TV pada hari Minggu, 12 November 2017 ini telah terselenggara dengan sukses.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Ini semua di luar ekspektasi,” ungkap Amaki Zuhdi, selaku penanggung jawab Off Air MMTC TV Cultural Day 2017.

Acara yang dimuali dari jam 09.00 ini selesai hingga sore dengan diikuti 39 peserta lomba. Para peserta lombanya juga bermacam-macam, ada yang penyanyi tunggal, aransemen, dan juga traditional dance dari berbagai daerah.

Dua pemuda dua pemudi sedang asik menari (Dokumentasi MMTC)

“Unexpectable, acaranya. Kami ngga menyangka juga, karena awalnya kami kira ini kan di Jawa, jadi pesertanya mungkin seputar adat Jawa saja. Tapi ternyata ada juga dari Kalimantan, itu membawakan tarian Dayak, trus dari Bali juga ada. Pesertanya juga dari berbagai kampus, seperti UGM, UNY, dan sebagainya,” ungkap Amaki.

“Kami sangat senang dan bangga bisa mengikuti kompetisi ini. Selain bisa menambah teman, juga bisa menunjukkan bakat kami dalam seni tari. Harapannya semoga nanti kami bisa menang,” ujar Bravery Dancer, salah satu peserta kompetisi grup tari dari UNY.

Antusiasme para peserta sangat tinggi, ditilik dari performnya yang totalitas, kostumnya yang epic, dan latihannya bahkan ada yang selama satu bulan untuk mempersiapkannya.

Dibawakan dengan Host yang seru dan kocak yaitu Gagas, acara berlangsung dengan santai. Dewan juri juga tidak kalah antusias dalam memberikan penilaian dan komentar pada peserta pasca perform. Mereka turut membawakan acara ini dengan enjoy, sehingga tidak terasa suasana tegang selama acara berlangsung. Tiga dewan juri ini adalah Dita Kinanthi (bagian tari), Sevanie Theora (bagian tarik suara) dan Danang (performance).

Sevanie Theora yang aktif di seni tarik suara sedang asik menjadi juri (Dokumentasi MMTC)

Keberhasilan Off Air MMTC TV Cultural Day 2017 ini melibatkan sedikitnya 50 panitia yang bekerja dengan kompak, totalilitas dan solid.

Meski Off Air ini acara perdana dan terlaksana dengan sukses, tidak membuat Amaki Zuhdi berpuas diri.

Tampak dari depan ketiga juri untuk menilai para peserta (Dokumentasi MMTC)

“Jika hasilnya lancar dan sukses, disyukuri dan tetap mengevaluasi diri untuk menuju acara selanjutnya yang lebih baik,” ujarnya. Amaki berharap, skala kompetisi  Off Air kedepannya tidak hanya lingkup Yogyakarta saja, namun juga tingkat nasional.

Untuk pengembangan budaya Indonesia, Amaki, Dita dan Sevanie memiliki harapan yang sama, yaitu semoga dengan adanya event ini, anak muda bisa melestarkan budaya dengan lebih semangat. Bahkan bisa membawa konten-konten tradisional dalam ranah trend masa kini. Misalnya bangga menggunakan baju batik buat ngampus atau hang out, dan sebagainya.

Terkesima oleh peserta Off Air MMTC TV Cultural Day 2017 (Dokumentasi MMTC)

Sementara itu, kriteria peniliaian menurut juri dan kesepakatan panitia secara umum ditinjau dari performance, vokal, penguasaan materi, kekompakan dan menguasai panggung serta menarik dan menghibur penonton.

Untuk para pemenangnya, telah diputuskan bahwa Bravery Dancer dari UNY sebagai  the winner, Ilham Malik dari UGM sebagai runner up, dan juara favorit Hi Dancer dari MMTC. Juara pertama dan juara kedua akan mendapatkan kesempatan perform di On Air pada Sabtu, 25 November 2017 mendatang.

Bravery Dancer dari UNY sebagai the winner (Dokumentasi MMTC)

Selamat kepada para pemenang!

Cakrawala, selaras dalam karya!

(Latifah)

Tinggalkan Balasan