HOT COFFE

 

Jogja Public Relations Days 2017

Jogja Public Relations Days adalah wadah tahunan dan juga sebuah magnet yang tersendiri bagi pegiat humas muda Se-Indonesia untuk mengasah kompetensi dalam bidang Kehumasan. Tahun 2014 lalu mengangkat tema yang sangat menarik Globaliculture “The Impact of ASEAN Community 2015 in Culture” kini mengangkat tema tak kalah menarik “Discovering The Hidden Jewels of Indonesia”.

Perhumas Muda Yogyakarta kembali menggelar JPRD (Jogja Public Relations Days). JPRD merupakan kompetisi skala nasional dibidang Humas. Tahun ini perhumas muda Yogyakarta mengangkat tema Discovering The Hidden Jewels of Indonesia. Tema ini diangkat dari latar belakang banyaknya potensi wisata di Yogyakarta maupun Indonesia pada umumnya belum banyak yang terpublikasi luas. Maka melalui event ini diharapakn pemuda-pemuda Indonesia dapat memberikan sumbangsih dalam promosi wisata.

JPRD 2017 terdiri dari beberapa rangakian kegiatan dan berlangsung pada tanggal 24-25 Maret 2017. Adapun rangkaian kegiatann dari JPRD 2017  yaitu

Talkshow Ecoutourist: Small Think Everlast Thing

Tema Talkshow kali ini adalah pariwisata. Perhumas  muda menawarkan konsep talkshow yang lebih dekat dengan tokoh-tokoh Public Relation. Diskusi di session ini membahas tentang potensi wisata yang ada serta beberapa hal yang kadang tanpa disadari justru mematikan potensi wisata yang ada. Peserta talkshow ini dari kalangan umum (Mahasiswa, Penggiat Wisata, Enterpreneur, dll), dengan beberapa pembicara yang berlatar belakang praktisi maupun akademisi. Dalam talkshow kali ini akan diisi oleh pembicara-pembicara handal di bidangnya, diantaranya Prayudi, SIP, MA, Ph.D dari PERHUMAS Indonesia, Cahyo Alkanta – Teroka Kompas TV, dan Keenan Pearce – Co-Founder Makna Creative.

Public Relation (PR) League dan Workshop

PR League merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada 3rd JPRD (Jogja Public Relations Days) berupa kompetisi PR mahasiswa S1 dan/ D3 yang diselenggarakan oleh organsasi profesi PERHUMAS Muda Yogyakarta. PR League bertujuan menjadi wadah mahasiswa-mahasiswi yang tertarik dalam dunia PR untuk mengasah kemampuan secara kompetitif, dengan menyelesaikan permasalahan kehumasan melalui brief yang diberikan. Kompetisi PR yang dimaksud berupa pembuatan proposal PR mengenai tema atau isu yang diangkat.

“Juri kali ini akan diisi oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Rizanto Binol – Client Service Director di Ogilvy Public Relations Jakarta, dan dari BPP PERHUMAS Indonesia” ungkap Esty Nadiya yang tergabung kepengurusan harian  PMY divisi program eksternal.

Kegiatan Workshop adalah kegiatan pengembangan hardskill maupun softskill yang akan diberikan kepada para finalis PR League. Nantinya, Workshop akan berbentuk penyampaian materi serta kegiatan praktis yang berkaitan dengan tema Jogja Public Relations Days 2017 dan materi tersebut akan diberikan oleh beberapa pembicara.

Awarding Night

Kegiatan ini merupakan puncak acara dari Jogja Public Relations Days 2017 dan sebagai penutup rangkaian kegiatan ini. Dalam acara ini akan diumumkan pemenang dari PR League yang sebelumnya telah dilaksakan serta pemberian penghargaan dan hadiah bagi para pemenang dan pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam acara Jogja tersebut.

Perhumas Muda Yogyakarta (PMY) merupakan sebuah wadah bagi para mahasiswa/i di Yogyakarta, yang tertarik dalam bidang Public Relations, untuk bisa belajar dan berbagi bersama, serta mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang kehumasan. “Visi dan misi untuk mengembangkan kompetensi para profesional humas di Indonesia untuk mendukung pengembangan citra positif dan reputasi industri dan Bangsa Indonesia” ujar Esti.

Perhumas Muda Yogyakarta (PMY) merupakan organisasi tingkat mahasiswa yang berada di bawah naungan PERHUMAS Indonesia dan berjalan di bawah pengawasan Badan Pengurus Cabang (BPC) Yogyakarta. PERHUMAS Indonesia sendiri merupakan organisasi profesi praktisi PR terbesar di Indonesia yang berisikan praktisi-praktisi PR profesional dari berbagai institusi di Indonesia.

Diakhir wawancara dengan panitia perhumas Muda Yogyakarta, Esti, mengungkapkan harapannya sebagai Ketua 2 panitia JPRD mas / Wakil Ketua , “Semoga mahasiswa lebih mengenal Perhumas Muda Yogyakarta dan dengan mengikuti JPRD insyaAllah akan mendapatkan banyak pelajaran”. So, yuk ikut JPRD. Untuk informasi lebih lanjut terkait JPRD 2017 bisa diakses di web Perhumas Muda Yogyakarta http://www.perhumasmudayk.org.

 

Deni Astiwi