JAJANAN DI PINGGIR JALAN KOTA JOGJA

MATAMEDIA- RI.com – Jogja, terkenal dengan beranekaragam kuliner mulai dari makanan tradisional hingga modern semua bisa temukan di kota ini. Harganya pun bervariasi dari jajan pinggir jalan yang murah meriah hingga hidangan gedongan dengan harga selangit. Tapi meski berada di pinggir jalan, bukan berarti kualitas dan rasa diragukan. Berikut ini daftar jajanan pinggir jalan di Jogja dengan rasa istimewa bisa bikin nagih yang bisa jadi solusi jika harus berbuka di jalan.

ES JAIPONG MAS DUDUNG

 

Kala matahari sedang terik-teriknya menyinari Yogyakarta di siang hari, membuatmu gerah dan kehausan apalagi puasa semakin membuat kering tenggorokan, maka coba saja Es Jaipong Mas Dudung sebagai penyejuknya. Meski kini semakin jarang ditemui, tapi kalo punya Mas Dudung selalu mangkal di kawasan kota baru jadi kamu tak perlu susah payah berkeliling. Es Jaipong ini cukup legendaris karena sudah dijajakan sejak 7 tahun yang lalu. Dalam satu mangkoknya terdapat beraneka isian, antara lain mutiara, cincau, agar-agar hijau, tape, nangka, serta candil, dan terakhir disiram dengan kuah santan tak lupa gula cair sebagai pemanisnya. Mas Dudung menjual es jaipongnya hanya 5000 Rupiah sobat, murah sekali kan??? Dalam sehari Mas Dudung mampu menjual 100 mangkok lebih dan es jaipong bisa dinikmati ditempat, karna mas dudung menyediakan tempat lesehan untuk para pelanggannya. Jadi pas jika sobat melintas disini dan sudah waktunya berbuka tinggal mampir ke Mas Dudung.

 

 

 

 

CAKWE JALAN ASEM GEDE

 

Kudapan satu ini sangat pas untuk di santap waktu berbuka puasa. Cakwe yang ada di Jalan Asem Gede daerah Kranggan ini Cakwe di sini begitu istimewa karena ukurannya yang besar dan sambal cocolannya yang sangat nikmat. Cakwe milik Pak Adi yang ada di depan Agatha ini sudah ada sejak 10 tahun lebih. Cakwe yang terbuat dari tepung terigu dan ada sedikit olesan tepung kanji ini memiki rasa khas pada saos sambalnya yang ada campuran gula jawa ini sangat nikmat sekali sobat mania. Dan yang paling mengejutkan harga 1 cakwe ini hanya 2000 rupiah saja sudah mendapatkan porsi cakwe super besar beserta sambal soasnya yang nikmat. Sangat cocok jadi menu pembuka buka puasa sebelum bersiap ke masjid untuk taraweh.

 

Walaupun di pinggir jalan kedua makanan di atas tetap terjaga kehigienisannya dan bisa jadi solusi bagi kalian yang terpaksa harus berbuka puasa di jalan karena aktivitas yang segudang atau kena macet di jalanan Yogyakarta yang semakin tahun semakin banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat sehingga menghambat untuk berbuka puasa di rumah atau di kosan. Kami mengucapkan selamat berpuasa yaaa bagi yang menjalankannya. Bagi yang tidak berpuasa mari saling menghormati antar sesama.

 

Penulis: Edo Malacca

Editor:  *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan