UKM Karya Ilmiah Polbangtan YoMa Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Perdana

Dengan mengusung tema “Peran Karya Ilmiah di Era Industri 4.0” pelatihan ini untuk menggali semangat berkarya dalam tulis–menulis di bidang karya tulis ilmiah dan mengembangkan keterampilan, kreativitas, ide-ide dan inovasi serta berpikir kritis dalam menghadapi tantangan saat ini.


YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – Sekitar 70 mahasiswa Polbangtan Yogyakarta-Magelang (YoMa) mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah yang digagas oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) karya ilmiah di ruangn seminar kampus jurusan pertanian Yogyakarta (03/08/19).

Pada kesempatan pelatihan fokus pada ‘Tips and Trick Penulisan Artikel Ilmiah’. Mengusung tema Peran Karya Tulis Ilmiah di Era Industri 4.0. dipilihnya tema adalah tersebut untuk menemukan gagasan kreatif, inovatif dan mandiri dari mahasiswa vokasi pertanian Yogyakarta dan Magelang.

Pembukaan oleh Fitri selaku pembina UKM UKM Karya Ilmiah Polbangtan YoMa.

“Sesi pertama, mahasiswa diberikan pemahaman tentang peran karya ilmiah bagi mahasiswa di era industrialisasi 4.0, dilanjutkan tips and trik penulisan karya ilmiah dan tanya jawab oleh peserta dan pemateri,” kata Refa Firgiyanto, S.P., M.Si. selaku dosen Tanaman Pangan dan Hortikultura jurusan Pertanian Politeknik Negeri Jember.

Refa Fergiyanto juga menambahkan, pelatihan sesi kedua melakukan praktikum penyusunan kerangka karya ilmiah untuk dikembangkan menjadi karya tulis ilmiah utuh secara kelompok dengan tema bebas, yang akan berlanjut pada pelatihan berikutnya untuk membahas lebih detail tentang karya ilmiah mereka pada pelatihan yang berlangsung sabtu pagi hingga siang hari.

Selain Refa Fergiyanto, S.P.,M.Si dari Politeknik Negeri Jember, UKM karya ilmiah Polbangtan YoMa juga menghadirkan pemateri Zakiah Noor Hidayati, mahasiswi administrasi publik 2017 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pembicara kelas ‘Kepenulisan Laboratorium Administrasi Publik’, lalu dilanjutkan dialog interaktif.

Zakiah Noor Hidayati

“Pelatihan yang akan datang sebaiknya mendatangkan pemateri yang lebih memotivasi peserta mengikuti pelatihan, dan dari pelatihan ini saya sangat lebih mengetahui  tentang menulis karya ilmiah, karena saya kurang suka membaca tapi sekarang saya menjadi semangat dan termotivasi untuk banyak mambaca,’ ungkap Siti Nurhidayati, salah satu peserta pelatihan.

Penyerahan plakat kepada pematerti Refa Firgiyanto, S.P., M.Si.

Peran karya ilmiah saat ini sangatlah penting untuk melatih para mahasiswi dan mahasiswa mengembangkan keterampilan, kreativitas, ide-ide dan inovasi serta berpikir kritis dalam menghadapi tantangan saat ini. Dengan mengangkat tema ‘Peran Karya Ilmiah di Era Industri 4.0’ agar mahasiswa dapat mengembangkan ide-idenya untuk menghadapi situasi modern dimasa yang akan datang, maka diperlukannya suatu pengembangan inovasi baik fisik maupun non fisik.

Penyerahan plakat kepada pematerti Zakiah Noor Hidayati.

Harapan kedepannya kegiatan pelatihan karya ilmiah ini dapat berkelanjutan dan lebih baik lagi kedepannya dan kami dari segenap UKM karya ilmiah mengucapkan terima kasih kepada pihak lembaga yang telah mendukung kegiatan pelatihan ini dengan baik sehingga berjalan dengan lancar.

Tiga peserta yang mendapatkan hadiah dari pihak panitia karena bertanya mengenai materi yang disampaikan.

Penulis: Pianto Ramadhan

Editor: *R★.V.★N*

 

 

Tinggalkan Balasan