Tabligh Akbar UKMF Al-Fatih: Indahnya Hidup Dalam Islam

YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – Mahasiswa-mahasiswi bukan hanya tentang pergerakan bukan juga tentang perubahan tetapi juga tentang keagamaan. Sebagai warga negara yang baik kita harus bisa menyeimbangkan antara duniawi dan akhirat. Itulah mengapa Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta ini membuat sebuah acara yang akan membangkitkan keimanan mahasiswa Fakultas Ekonomi.

UKMF Al-Fatih yang merupakan UKMF Keagamaan di Fakultas Ekonomi ini telah melaksanakan sebuah kegiatan Tabligh Akbar dengan tema “Indahnya Hidup di Dalam Naungan Islam”. Pengambilan tema ini didasarkan pada pengalaman banyak orang dimana mulai banyak yang kehilangan tujuan hidup yang sesungguhnya.

Banyak mahasiswa yang mulai lupa akan apa yang sejatinya menjadi tujuan akhir manusia. Banyak pula yang sudah mulai lupa apabila melakukan sesuatu haruslah memiliki pedoman yang jelas. Banyak mahasiswa yang juga mengikuti hanya ego untuk mengejar cita-citanya tanpa mengingat apabila yang utama adalah ibadah yang menjadi pedoman bagi umat beragama.

Dalam kehidupan, beribadah merupakan suatu yang pertama dan utama, terlebih karena kita hidup di negara Indonesia sehingga UKMF Al-Fatih ingin sekali lagi mengembalikan kebiasaan baik mahasiswa khususnya masyarakat Fakultas Ekonomi bahwa bribadah dan taat kepada ajaran Allah merupakan suatu solusi tepat dalam memecahkan segala masalah yang muncul dalam kehidupan.

Dalam tujuannya UKMF Al-Fatih ingin meningkatkan wawasan Islamiyyah kepada masyarakat Fakultas Ekonomi, mensyiarkan Islam dan mampu mempererat ukhwah islamiyyah di Fakultas Ekonomi, “Ya, di FE kami selaku Al-Fatih memfasilitasi teman-teman dari mahasiswa FE untuk mengupgrade kapasitas rohani mereka. Dengan adanya Tabligh Akbar ini paling tidak mahasiswa FE bisa meningkatkan kapasitas kerohanian serta menyebarkan kebaikan di lingkungan FE dengan media dakwah,” begitulah Fendy berkata.

Tujuan mulia ini disambut dengan baik oleh seluruh masyarakat Fakultas Ekonomi. Hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti serangkaian kegiatan acara yang dilaksanakan pada tanggal 09 November 2018 lalu di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pada pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Bentuk acaranya yang dikemas menjadi sebuah talkshow inspiratif membuat peserta yang hadir menjadi lebih berkesan karena bukan hanya mendengarkan penyampaian materi dari pembicara melainkan juga dapat melakukan tanya jawab dan diskusi dengan pembicara sehingga peserta dapat mendapatkan apa yang menjadi keinginannya.

Antusiasme bukan hanya ditunjukkan oleh peserta acara namun juga oleh panitia penyelenggaranya sendiri yang sudah mulai bersiap-siap bahkan sebelum jatuh waktu Sholat Jum’at dengan harapan persiapannya dapat berjalan dengan matang dan acaranya dapat berjalan dengan sukses tanpa suatu hambatan. Mulai dari menata ruangan, cek sound, hingga mengurus hal-hal lainnya sudah dilakukan dengan baik oleh panitia penyelenggara sehingga tidak heran jika acara ini dapat berjalan dengan baik.

Acara dimulai tepat pada pukul 13.00 yang dimulai dengan open gate dimana pada pukul 13.00 hingga 13.30 tersebut banyak peserta yang mulai datang dan menantikan acara itu untuk dimulai. Master of Ceremonies kemudian membuka acara dan dilanjutkan dengan tilawah baru dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Fendy Cahya Putra selaku ketua panitia, Anzal Yomas Navi’an selaku penanggungjawab acara dan terakhir oleh bu Isroah, M.Si. selaku wakil dekan 3 Fakultas Ekonomi sekaligus membuka acara.

Sebelum menuju ke acara intinya, MC mempersilahkan terlebih dahulu grup Nasyid untuk tampil diatas panggung guna mencairkan suasana. Kemudian barulah acara memasuki intinya yaitu materi yang disampaikan oleh Ustadz Zaky Ahmad Rivai yang merupakan seorang Hafizh Qur’an, Da’i, Penulis, dan Aktor film. Materi yang diberikan sangat menginspirasi sehingga banyak pula dari peserta acara yang antusias untuk bertanya.

Setelah materi dan diskusi berakhir, tibalah pada waktu Sholat Azhar, MC kemudian mempersilahkan peserta untuk sholat terlebih dahulu di mushola Fakultas ekonomi dan kembali lagi keruangan untuk melanjutkan acara. Seusai sholat, acara dilanjutkan dengan hiburan berupa musikalilasi puisi dari kelompok musikalisasi pusisi dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam penampilannya, benar-benar membawa peserta yang hadir untuk ikut larut dalam puisi dan pe-rran yang dibawakan sehingga peserta merasa terpukau dan memberikan uplause kepada penampil.

Acara ditutup dengan penampilan yang apik dari musikalisasi tersebut dan dilanjutkan dengan penutupan oleh MC dan foto bersama antara peserta yang datang, panitia, dan pengisi acara yang menandakan bahwa panitia ingin berterima kasih kepada seluruh bagian yang sudah mensukseskan acara mulai dari panitia itu sendiri, peserta maupun pengisi hiburan yang sudah membuat acara berjalan dengan sukses dan mampu memberikan kesan kepada siapapun yang hadir.

Acara yang menjadi agenda tahunan UKMF Al-Fatih ini selalu mengundang decak kagum dimana dengan dilaksanakannya acara tersebut dengan sukses membuktikan bahwa mahasiswa-mahasiswi dewasa ini tidak hanya mengejar duniawi namun juga tidak melupakan akhirat serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai ketua panitia Fendy merasa bangga karena acaranya berjalan dengan sukses, dari hal peserta dan ketertarikannya terhadap acara juga sudah baik karena panitia juga mengundang Ustadz yang sudah terkenal dikalangan anak muda.

 

Penulis: Gristyantika Prefy

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan