Solidarity of Secretaryin Kulon Progo (SECRETIK)

SECRETIK dengan tema  “Be Passion, Show Your Quality through Public Speaking” tidak hanya menjadi wadah pelajar, mahasiswi dan mahasiswa dalam mengembangkan skill public speaking dan prestasi-prestasi dibidang Pendidikan Administrasi Perkantoran, tetapi juga tempatnya berbagi dan membuat pengalaman.


YOGYAKARTA,MATAMEDIA-RI.com Minggu (9/12/2018) menjadi hari yang penting bagi mahasiswa-mahasiswi angkatan 2016 D3 Sekretaris FakultasEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kampus Wates. Sebanyak 18mahasiswa-mahasiswi DIII Sekretari yang tergabung dalam nama Forum Secretary Yogyakarta (FORTARY) EventOrganizer dan dibantu dari prodi dari Akuntasi, Pemasaran, dan PGSD Panjas dengan total 45 panitia menyelenggarakan Solidarity of Secretary in Kulon Progo(SECRETIK) di kampus Wates UNY.

Secretarik merupakan wadah pelajar, mahasiswa dan mahasiswi dalam mengembangkan skill public speaking dan prestasi-prestasi dibidang Pendidikan Administrasi Perkantoran. Ada 5 rangkaian acara yang diselenggarakan, yakni workshop Grooming and Public Speaking dengan tema “Be Passion, Show Your Quality through Public Speaking”, lomba Grooming dan Public Speaking Indonesia dengan tema “Stop Hoax”, lomba video dengan tema “Stop Hoax”, “Kampanye Damai”, dan “Stop Cyber Bullying”, lomba Yel-Yel SMA/SMK dengan tema “Stop Hoax”, dan penutupan event organizer  Mini Konser dan Hiburan.

Tema dari Grooming and Public Speaking “Be Passion, Show Your Qualitythrough Public Speaking” mempunyai tujuan agar pihak-pihak baik pelajar,mahasiswa-mahasiswi dan umum supaya dapat mengembangkan skill public speaking denganbaik karena itu akan menunjang penampilan dan kualitas masing-masing. “Disampingpublic speaking kami mengangkat Groomingkarena penampilan juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karenaapabila penampilan kita bagus otomatis orang itu akan terlihat lebih rapi danbisa lebih dihormati,” jelas Dina Faizah selaku ketua panitia.

Lomba Grooming dan Public Speaking Indonesia diikuti baik pelajar maupun mahasiswa dan mahasiswi dengan total18 peserta yang mengikuti. Para peserta berasal dari SMK Negeri 7 Yogyakarta,SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, SMK Negeri 1 Pengasih, SMK Muhammadiyah1 Wates, dan dari Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Gunadarma, UniversitasNegeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Negeri Sebelas Maret.

Lomba video dengan tiga subtema “Stop Hoax”, “Kampanye Damai”, dan “Stop Cyber Bullying” yang dilombakan diikuti oleh 31 tim dan 1 tim terdiri dari 3 orang. Para peserta SMA/SMK Sederajat dan Universitas tidak hanya berasal Yogyakarta saja tapi dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, Riau, Madura, Madura, Madiun, Surabaya, Ponorogo, Cirebon, Bayumas, Bekasi, dan Serang Banten.

Lomba Yel-Yel SMA/SMK Sederajat Se-DIY dengan tema “Stop Hoax”. Peserta yang mengikuti berasala dari SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, SMKN 2 Pengasih, dan SMK Ma’arif 2 Sleman. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya hoax diera digital sekarang sudah menjadi sebuah fenomena buruk yang sering muncul mendekati pemilu serentak ditahun 2019 nanti. “Harapan Kami mangangkat tema tersebut agar dapat meminimalisir serta menekan penyebaran serta pembuatan konten-konten hoax di Indonesia karena kita tau sendiri berita-berita hoax itu sangat meresahkan dan merusak masyarakat Indonesia dan membuat citra bangsa Indonesia itu buruk,” terang Dina.

Ruang sudah disiapakan dilantai 4 kampus UNY Wates, para mahasiswa dan mahasiswi sangat sangat antusias mengikuti workshop yang diisi oleh Risma Kusumanendra trainer public speaking CristalIndonesia Manajemen, Nura Azizah Zahira Putri Pendidikan Jawa Barat 2018 sekaligus finalis Putri Indonesia JABAR 2018 yang juga merupakan alumni D3Sekretari UNY 2014, dan Indra Gunawan trainer lomba grooming dan public speaking juara 1 Tingkat nasional. Para peserta workshop aktif dalam mengikuti setiap instruksi dari Risma selaku trainer. Satu persatu dengan kecerian dan berusaha untuk percaya diri mahasiswa dan mahasiswa melakukan grooming dan public speaking diatas catwalk yang sudah disiapkan panitia.

Menurut Risma, public speaking sangat penting untukdikuasai termasuk untuk prodi-prodi yang ada pada Fakultas Ekonomi. Menurutnya orang-orangyang tidak menguasai kemampuan public speaking biasanya rasa percaya diri tidak sebaik orang yang mempunyaikemampuan public speaking. “Apalagiuntuk sekretaris sangat terkait erat dengan ketemu dengan pimpinan, tamu, diahandle rombongan, dia bisa jadi MC, makannya public speaking harus menjadi landasan dasar seorang sekretaris untuk sukses,” katanya.

Transfer ilmu yangdidapatkan di workshop dari ketiga trainer sekaligus speaker ke audiencemelipuiti tiga hal yaitu knowledge, skill, dan attitude. Risma ketikadiwawancarai oleh MATAMEDIA-RI.com memberikantips untuk belajar publik speaking secara ototidak kepada pembaca, yang pertamaperluas knowledge, lalu latih dengan skill, ketika skill sudah memperbaiki attitude. “Jangan lelah untuk belajar,jangan mau terkungkung dengan rutinitas kuliah pulang kuliah ngerjain tugaspulang, jangan, tapi latihlah jiwa entrepreneur, hari minggu kosong latihanjualan-jualan aja, kenapa kerena dari jualan belajar komunikasi belajar negosiasi,adalah masalah selesaikan dengan baik, dengan nyaman, tenang dan akhirnya nantiakan pelan-pelan percaya diri,” pesannya kepada mahasiswa-mahasiswi.

Menurut pandangannya,mahasiswa yang sukses bukan dia yang mempunyai nilai yang tinggi tapi mahasiswayang sukses dia yang mau menyelesaikan masalahnya dengan riang dan gembira.

Ketika ISHOMA sedang berlangsung satu persatu pelajar yang mengikuti lomba Yel-Yel datang satu-persatu. Berkumpul disisi luar kampus UNY Wates. Terlihat wajah-wajah bersemangat lagi antusias dari raut wajah peserta. Peserta lomba grooming dan public speaking pun mulai berdatangan membawa apa yang sudahdipersiapkan dari mulai motivasi dan materi untuk mengikuti lomba dengan tema “Stop Hoax”. Di depan gedung kampus UNYtelah siapkan panggung untuk malam puncak. Malam Puncak dberi nama Secretik Night Concert dengan tema “It’s Your Time To Shine”. Dimalam puncak selain menampilkan gues star FIESKA ini para juara dari tiap lomba akan dibacakan berikut dengan penyerahan piala. Selain itu panitia juga menyiapkan apresiasi melalui penayangan seluruh video dari event organizer yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswi dan mahasiwa dari mata kuliah event organizer dari prodi yang ada pada Fakultas Ekonomi UNY.

Setelah ISHOMA selesai para peserta lomba Grooming dan Public Speaking mulai mempersiapkan diri. Mustika Ratu yang menjadi sponsor diberi waktu untuk melakukan sosialisasi dan menyediakan berbagai make-up untuk para peserta gunakan. Didalam ruangan telah disiapkan oleh panitia para peserta yang sudah menyiapkan pakaian terbaik mereka mulai mendandani diri sendiri dipandu oleh pihak Mustika Ratu. Keceriaan antar peserta dalam memakeupi diri sendiri menjadi energi positif sebelum memulai lomba. Setelah mendandani diri para peserta dinilai oleh Nura Azizah Zahira dan Indra Gunawan. Tak Cuma dinilai para peserta juga tetap tetap dibantu merapikan pakaian yang telah disiapkan para peserta sejak jauh hari.

Sementara itu dibawah depan gedung kampus Wates UNY lomba Yel-Yel telah dimulai. Tiap peserta begitu energik penuh semangat mengikuti lomba dengan tema “Stop Hoax”. Aji Saputra selaku juri menilai dari total keseluruhan semuanya baik-baik dari pesan semangatnya, apa yang ingin disampaikan, kreativitasnya, semua berimbang. menurut pandanganya sebagai juri  ketiga peserta berimbang semuanya keren-keren. Indikator penilaian yang dilakukan Aji ada tiga yaitu kekompakkan, kreativitas, dan pesan semangat. “Yang dimaksud pesan semangat adalah bagaimana para peserta mempengaruhi atau menarik perhatian penonton yang diajakberdiskusi melalui yel-yel itu pesan bisa disampaikan kepada penonton,” jelasAji.

Dilantai 4 para peserta Groomingdan Public Speaking memulai lomba dengan penuh kepercayaan diri. Satu persatuberjalan diatas catwalk, satu-persatu peserta memulai lomba public speaking dengan tema “Stop Hoax” sesuai dengan nomor urut yang dikantongi oleh para peserta.

Erna Setyani salah satu peserta kelas 3 SMK Muhammadiyah 1 Wates. Pada awalnya Erna belum terlalu berminat mengikuti SECRETIK, sekolah secara langsung memintanya untuk mewakili mengikuti lomba. Setelah mencoba dan mempersiapkandiri akhirnya Erna tertarik. “Kata ibu guru saya menang atau kalah itu gakmasalah, yang penting itu kita cari pengalamannya,” cerita Erna.

Setelah mengikuti SECRETIK dalam lomba Grooming dan Public Speaking Erna mengatakan,menambah pengalamannya, presentasi yang baik seperti apa. Baginya SECRETIK sangat menarik karena disekolah Erna sendiri ada Administrasi Perkantoran yang dia pelajari. Selaian menambah wawasan baginya di SECRETIK dapat saling berbagi pengalaman. Temannya yang juga mengikuti dan pernah mengikuti lomba serupa memberitahu bagaimana caranya melakukan catwalk, cara presentasi kepada Erna. Menurut Erna secara pribadi memang perlu ada sebuah event khusus dibidang Administrasi Perkantoran, karena sangat mendukung calon-calon sekretaris agar tidak hannya mempunyai kualitas bukan cuma kualitas tapi juga kuantitas yang baik, bagaimana kedepannya sekretaris bisa benar-benar memposisikan dirinya sebagai sekretaris disuatu perusahaan tempat ia berkerja.

Setelah mengikuti SECRETIK pada hari minggu (12/12/2018) Erna menarik makna bahwasanya selain menambah wawasan, pengalaman tapi juga dimana kita bisa memposisikan diri kita sebagai sekretaris, bagaimana cara kita berpenampilan menarik mulai dari wajah, kemudian cara dia berjalan, cara dia berpresentasi. Harapan Erna kedepannya agar event dibidang Pendidikan Administrasi Perkantoran semakin banyak tidak hanya ada satu atau 2 kali diadakan.“Semakin banyak event terus kita itu ikut apalagi kita sebagai pelajar SMK biasanya lebih ngehnya ke kegiatannya itu sendiri, jadi kalau misalkan kita bisa ikut event bisa menambah wawasan, dan juga menambah kemapuan dibidang itu,” terang Erna.

Matahari perlahan tenggelam, suasana senja yang sejuk diarea kampus UNY Wates mengiringi para peserta yang sudah mencurahkan gairah  dan energi positif di ketiga lomba. Melalui lomba Grooming dan Public Speaking, lomba Yel-Yel inilah kepedulian dari para panitia yang tergabung dalam FORTARY Event Organizer terhadap keadaan bangsa ini yang sedang dilanda isu-isu yang belumtentu kebenarannya (Hoax) yang dilakukan para elite politikus yang tidak bertanggungjawab sebagai penyelenggara negara, bukan untuk tujuan mulia, tapi untuk berkuasa. Bahkan melalui lomba video dengan tiga subtema “Stop Hoax”, “KampanyeDamai”, dan “Stop Cyber Bullying” lebih jauh lagi panitia tidak hanya peduli pada keadaan sosial masyarakat pada hari ini tetapi memberikan sebuah solusi melalui ketiga subtema tersebut.

Hiburan pertama dimulai oleh penampilan Satulana dalam musikalisasi puisi. Riska Kahiyang dan RhyHusaini diiringi oleh gitar dan Sampek membacakan sebuah puisi tentangkehidupan dan cinta. Para penonton tertegun dengan musikalisasi yang dipadupadankan dengan dramatisasi puisi yang disajikan oleh Satulana. Lalu berlanjut ke penampilan Friendly Band, Newthere Jell, Hi-Volt. Ketiga band yang tampilan secara bergantian berhasil menghibur para pengunjung malam puncak. Riang gembira dari pada air muka mahasiswi dan mahasiswa yang sudah melaksanakan event dimata kuliah Event Organizer. Salah satu mahasiswi yang datang bersama teman-temannya menceritakan kepuasan dalam perjuangan mereka kita berhasil menyelenggarakansebuah event, dimana harus mengelaborasi tiap ide di dalam sebuah kelompok lalu dijadikan gagasan yang komprehensif. Tidak sampai disitu perjuangan mereka dalam mengumpulkan dana dari sponsor, karena didalam mata kuliah Event Organizer dengan dosen pembimbing Rr.Chusnu Syarifa Diah K., M. Si, mahasiswi dan mahasiswa harus mencari dana sendiri melalui pengajuan proposal sponsor. Sebuah tekanan positif untuk memacu mereka untuk menyentuh label profesional meski masih menyandang mahasiswi dan mahasiswa. Stand up comedy yang dibawakan Naufal berhasil mengocok perut para pengungjung malam puncak sebelum pengumuman para juara lomba Grooming dan Public Speaking Indonesia dengan tema “Stop Hoax”, lomba video dengan tema “Stop Hoax”, “Kampanye Damai”,dan “Stop Cyber Bullying”, lombaYel-Yel SMA/SMK dengan tema “Stop Hoax”.

Hari menjadi malam, awan berkumpul seakan memberi pertanda bahwa akan gerimis. Mahasiswa dan mahasiswi yang membuka stand bazar makanan dan minuman mulai menyiapkan dagangannya. Panggung telah disiapkan panitia sejak siang hari, para penghibur dari gues star FIESTAsejak sore sudah memulai cek sound untuk menghibur di malam puncak. Satu-persatu mahasiswi dan mahasiswa kampus Wates UNY datang dan mulai mengekspresikan dirimelalui foto booth yang sudah ditata rapi oleh panitia SECRETIK. Malam puncak dengan nama Secretik Night Concert dengantema “It’s Your Time To Shine”dimulaipukul 20.24 WIB. Dina Faizah memberikan sepatah dua patah kata sambutan untuk tiap pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan event Solidarity of Secretary in Kulon Progo. Tak ketinggalan Rr. ChusnuSyarifa Diah K., M. Si selaku dosen pembimbing sangat mengapresiasi seluruh kerjakeras seluruh mahasiswi dan mahasiswa didikannya dalam menyelenggarakan eventyang ada dalam mata kuliah eventorganizer.

PEROLEHAN JUARA LOMBA GROOMING PUBLIC SPEAKING INDONESIA

BEST SPEAKER RISQI CAHYANI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

BEST PERFORMANCE RIZKI SETIADI UNIVERSITAS GUNADARMA

JUARA 3 EVIGA UTAMI AVIANTI UNIVERSITAS GADJAH MADA

JUARA 2 ODILIA HERLITA PUSPA DEWI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

JUARA 1 M. RAIS MUNIX UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

PEROLEHAN JUARA LOMBA VIDEO

FAVORITE JURI 1 AYU NISA RISKIDAYAN UNIVERSITAS SERANG RAYA

FAVORITE JURI 2 NADHIFAH UNIVERSITAS AIRLANGGA

JUARA 3 OKTAVIANTI WAHYUDI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA

JUARA 2 FARHAN AL FARADISE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

JUARA 1 DINOV EFNASEMBI SEKOLAH TINGGI MULTIMEDIA MMTC YOGYAKARTA

PEROLEHAN JUARA LOMBA YEL-YEL

JUARA 1 SKAMADA SMK NEGERI MA’ARIF2 SLEMAN

Setelah pengumuman juara,video yang menampilkan 4 event yang sudah diselenggarakan panitia tayangkan ditonton secara bersama-sama. Senyum-senyum diantara mahasisiwi-mahasiswa yang sudah menyelenggarakan event yang datang pada malam puncak sebagai sebuah aprsiasi bagi mereka semua termasuk para panitia yang tidak hanya dari prodi D3Sekretari tapi juga bersinergi dengan prodi dari Akuntasi, Pemasaran, dan PGSD Panjas. FIESKA gues star penghibur terakhir malam itu berhasil membuat semuayang menyaksikan maju kedepan panggung dan ikut bergoyang bersama-sama diiringi oleh gerimis yang turun malu-malu. Rasa cape dari wajah para panitia terbayar dengan lunas oleh kegembiaraan yang dihadirkan di malam puncak. Para juara yang berasal dari luar kota Jogja tersenyum bersinar dengan prestasi mereka memenangi lomba yang ada pada Solidarity of Secretary in Kulon Progo (SECRETIK).

Rr. Chusnu Syarifa DiahK., M. Si selaku dosen pembimbing yang selalu hadir sejak awal di setiap event anak didiknya mengatakan, di moment pertemuan terakhir secara akademis mahasiswi dan mahasiswa yang sudah menjalankan tugas dengan baik. Event SECRETIK sebagai event penutup momen yang besar untuk semua, mereka berkerja keras, dan merekapantas mendapatkan sebuah momen yang luar biasa di malam puncak sebagai penutup. “Its was great, everything about the event from the four event, allits great, i cannot say anything just to be proud of my student,” ujarnya.

Dosen yang disapa akrab akrab Chusnu ini kadang menghadapi sebuah situasi yang mahasiswi dan mahasiswanya tidak percaya diri, dengan tekanan dan keyakinan yang diberikan kepada mereka, akhirnya yang merasa ada limitnya pada akhirnya bisa diluar batas dengan baik, dan keluar dari membatasi diri. Chusnu mengharapkan EO yang mahasiswi dan mahasiswa sudah buat menjadi momen bagi mereka dan kedepannya mempunya nilai guna jikalau mereka belum ada pengalaman kerja inilah pengalaman kerja untuk menjelaskan bahwa mereka mempunyai pekerjaan dalam sebuah uraian kerja yang jelas di dalamsebuah event. “Don’t underestimate of your self, you can do anyhting as long you have a passion and want to do that,” terang Chusnu.

Penulis:*R★.V.★N*

Editor:*R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan