Seminar Marcom Day: Bangunlah Citra Positif dengan Pesan yang Kuat

MARCOM DAY menjadi media pembelajaran bagi mahasiswi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengadapi dunia kerja dan khususnya pada bidang industri media dan kreatif berbasis teknologi. Sesuai dengan visi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta yaitu, “Menjadi Prodi Ilmu Komunikasi yang Berkarakter dan Kompeten dalam Bidang Ilmu Komunikasi, Industri Kreatif, dan Industri Media Berbasis Teknologi”.


YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – Berawal dari sebuah konsep yang mengemukakan bahwa kreatifitas dan komunitas akan menciptakan hubungan yang menguntungkan. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Teknologi Yogyakarta tahun 2018/2019 merancang sebuah kegiatan MARCOMM DAY dengan mengusung tema “Marketing Communication dalam Ekonomi Kreatif”. Tema tersebut dipilih karena mempresentasikan maksud dan tujuan kegiatan ini, yaitu mejadikan wadah kreatifitas bagi semua kalangan khususnya untuk membangun ekonomi kreatif.

Selain memberikan wadah bagi kreator muda, MARCOM DAY menjadi media pembelajaran bagi mahasiswi dan mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengadapi dunia kerja dan khususnya pada bidang industri media dan kreatif berbasis teknologi. Sesuai dengan visi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta yaitu, “Menjadi Prodi Ilmu Komunikasi yang Berkarakter dan Kompeten dalam Bidang Ilmu Komunikasi, Industri Kreatif, dan Industri Media Berbasis Teknologi”.

Mengacu pada program kerja HIMAKOM Universitas Teknologi Yogyakarta tahun memiliki harapan dengan diselengarakannya kegiatan MARCOM DAY yakni dapat menumbuhkan benih-benih aspirasi kreatifitas yang mereka miliki untuk ikut serta dalam acara dan menuangkan kemampuan dengan inovasi-inovasi baru serta kreatifitas yang mereka punya melalui berbagai acara yang telah dikomunikasikan dalam berbagai media.

Regestrasi peserta Seminar di depan WIB ruang sidang lantai 3, KAMPUS 1 Universitas Teknologi Yogyakarta.

MARCOM DAY diadakan dengan tujuan, mendukung mahasiswi dan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi untuk dapat  menerapkan keterampilan bisnis/marketing sebagai kompetensi unggul memasuki dunia kerja, memfasilitasi aspirasi dan kreatifitas mahasiswa dengan tindakan yang diwujudkan dengan sebuah karya, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswi dan mahasiswa untuk mempraktekan secara langsung materi mata kuliah Event Organizing, Teknik Lobby dan Negosiasi, MC dan Protokoler serta materi lain dalam program studi Ilmu Komunikasi.

Ada 3 rangkaian acara yang diadakan, yaitu Avexion (Advertising Exhibition) merupakan salah satu bagian dalam kegiatan atau sub event dari MARCOM DAY yang fokus kepada kegiatan pameran periklanan. Pameran ini diadakan karena pada era milenial ini, periklanan sangat penting dalam pengenalan suatu produk kepada para calon konsumen dan dalam periklanan inilah bagaimana suatu produk atau perusahaan dicitrakan. Pameran periklanan ini diadakan sebagai bentuk wadah kreatifitas mahasiswa Ilmu Komunikasi yang notabene berkaitan erat dengan teknik pemasaran.

Adapun lomba ide usaha kreatif yang memiliki tujuan untuk menggugah semangat mahasiswi dan mahasiswa dalam berbisnis di jaman milenial. Dengan ketentuan lomba berupa plafon dana yang digunakan, ruang lingkup bisnis dan ketentuan-ketentuan lainnya. Pada lomba ini akan di pilih tiga pemenang yang memiliki ide kreatif terbaik.

Di hari terakhir Universitas Teknologi Yogyakarta mengadakan kegiatan seminar bertajuk “Personal Branding di  Era Ekonomi Kreatif”. Personal branding bertujuan untuk membentuk karakter dan ciri khas personal, mengukur keunggulan mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya terkait dengan kemampuan yang dimilikinya, hal ini tentu sangat membantu dalam dunia pekerjaan terkait dengan kemampuan dan minat mahasiswi dan mahasiswa, Sabtu (11/05/2019) di ruang sidang lantai 3, Kampus 1 UTY.

Terdapat 2 narasumber yaitu Dr. Hasto Wardoyo SP. OG (K) selaku Bupati Kulon Progo dan Dyodoran, YouTuber atau Influencer. Dyodoran dikenal sebagai Youtuber yang membuat konten berkaitan dengan Yogyakarta dengan nama chanel Dyodoran. Konten menghibur yang ia buat dianggap menginsipirasi generasi muda untuk berani menjadi public speaker yang kekinian dan memiliki kemampuan personal branding.

Sharing bersama Dyodoran mengenai jenjang karir dan mendapatkan penghasilan dari kerja online. “Personal branding sangat penting bagi tiap individu, apapun yang dikerjakan dari hati pasti akan lebih terasa senang dan enjoy, nantinya akan ada jalan sendirinya. Kualitas akan terbangun dengan sendirinya, namun juga melalui usaha. Cara mempertahankan personal branding adalah menjadi diri sendiri,” jelasnya.

Foto para peserta seminar bersama Dyodoran.

Pesan dari Dyodoran, jangan malu melakukan sesuatu yang benar. Butuh perjuangan dan konsistensi dalam pembangunan sosial media dan carilah hal yang disukai. Perencanaan penting untuk mencapai mimpi atau cita kita. Bebaslah bermimpi, berkreativitas, konsistensi untuk memanfaatkan sosial media, dan juga perlunya riset media.

Dr. Hasto Wardoyo SP. OG (K) yang mendapatkan tanda jasa atau penghargaan Dokter Teladan, pada tahun 1992 dari Presiden RI dan Satya Lencana Bidang KB pada tahun 2010 dari Presiden RI. Kemampuannya menjadi public speaker dan public figure yang memiliki image yang baik dan berkarakter dianggap dapat menjadi contoh bagi mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki cita-cita dalam pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat dan Komunikasi Pembangunan di Prodi Ilmu Komunikasi UTY.

Penyerahan cinderamata kepada Dr. Hasto Wardoyo SP. OG (K) Bupati Kulon Progo.

“Kita adalah pemenang”, tegas Dr. Hasto Wardoyo SP. OG (K) selaku Bupati Kulon Progo yang juga merupakan dokter bayi tabung. Beliau suka menyemangati diri sendiri dan suka menyemangati anak-anak muda. Beliau mengatakan, bahwa kepribadianmu adalah aset terbesarmu.

Dr. Hasto Wardoyo membahas bagaimana cara membangun branding berbasis ideologi berbalut teknologi. Salah satu caranya yaitu dengan membaca, karena membaca itu penting, setelah membaca barulah melakukan sesuatu. Saat membangun branding kita juga diharapkan harus baik hatinya, lurus ideologinya, beautiful heart, dan jadilah diri sendiri. “Bangunlah citra positif dengan pesan yang kuat. Berpikir besar, diluar zona nyaman, di luar imajinasi kita,” ungkapnya.

Foto bersama Panitia dengan narasumber Dyodoran. 

Ditambahkan oleh Ayu Angelica selaku Ketua Panitia Marcom Day bahwa latar belakang kegiatan ini adalah dengan melihat problem-problem yang ada di era sekarang ini,  kita sebagai mahasiswa harus mampu untuk bisa berinovasi dan berevolusi. “Harapannya acara dapat berlanjut dengan mengharumkan nama Ilmu Komunikasi UTY, dan juga memberikan manfaat dan membanggakan orang-orang sekitar,” ungkap Angel.

Penulis: Cicilia Rosa

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan