Ramadhan CAMP : Tafsir AL-QURAN dengan Bahasa Inggris

Ada yang special dalam InsIDE Yogyakarta di Bulan Suci ini,  yaitu Ramadhan Al-Quran Camp 2019!

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang event ini, yuk simak apa sih InsIDE Yogyakarta  itu?


YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – InsIDE Yogyakarta (Institute for Islamic Dakwah and Education) merupakan sebuah lembaga pendidikan informal yang ada di Yogyakarta, dimana kita bisa belajar tafsir Al-Quran atau memaknai Al-Quran sehingga kita bisa mengerti pesan yang disampaikan dalam Kitab Suci ini. Namun ada yang berbeda nih, dalam InsIDE. Jika secara umum kita menemui tafsir yang menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, tafsir Al-Quran di dalam InsIDE menggunakan Bahasa Inggris!

Penasaran kan, bagaimana detilnya  InsIDE ini? Jika ingin tahu lebih dalam, kita bisa datang saja ke kelasnya yang ada di Sleman, tepatnya di Randuagung, Ngemplong Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Tidak hanya di Sleman, InsIDE juga membuka kelas di Jalan Tirtodipuran No. 44, Mantrijeron, Yogyakarta.

InsIDE yang berada di bawah naungan Lembaga Dakwah Islam Indonesia, memiliki 17 pengajar dengan  latar belakang yang beragam, mulai dari mahasiswi dan mahasiswa, dosen, sampai karyawan swasta hingga ada yang berprofesi sebagai psikolog. Dalam pembelajarannya, kelas InsiDE dibagi menjadi 4 tingkatan, dimulai dari yang paling dasar  yaitu Elementary Class, Pre-Intermediate Class, Intermediate Class, dan Advanced Class.

Agar tidak monoton dan membuat siswa bosan, InSIDE memiliki beberapa kegiatan pembelajaran yang variatif dan tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, salah satunya ialah Ramadhan Al-Quran Camp yang diselenggarakan di setiap bulan Ramadhan. Tahun ini, Ramadhan Al-Quran Camp diselenggarakan di Balai Inap Karyawan di Jalan Kaliurang KM 23 Yogyakarta selama dua hari, yaitu pada tanggal 11-12 Mei 2019 dengan diikuti oleh 61 peserta, terdiri dari siswa InsIDE dan participants.

Disisi lain untuk menyambut bulan suci ramadhan, ketua penyelenggara Ramadhan Al-Quran Camp, Wahyu Setyo Budi Susilo menuturkan, bahwa event ini diselenggarakan dalam rangka mengajak generasi muda  untuk turut andil dalam pengembangan dan penyebaran ilmu Al Quran dan Al Hadits, serta membuka peluang bagi partisipan yang ingin bergabung dalam kelas InsIDE.

Selain  recitation – kajian Al Quran, kegiatan dalam camp ini juga terdapat senam pagi dan outbond, dimana peserta diajak berjalan-jalan dalam regu dan menyusuri jalan yang sesuai arahan sembari menikmati pemandangan langka yang tidak bisa kita jumpai di tengah kota yang sibuk seperti Jogja. Misi dalam outbond ini adalah tiap regu harus melalui 3 pos yang telah disiapkan dengan game berupa  pertanyaan  yang bersifat personality. Tujuannya adalah untuk pengembangan  kepribadian peserta.

“Awalnya aku takut ikut acara ini, karena bahasa pengantar bahkan percakapan kita selama camp menggunakan bahasa Inggris, sementara Bahasa Inggrisku pas pasan. Tapi akhirnya ngalir begitu saja, kita semua saling belajar speaking active. Karena kalau ketahuan pakai bahasa selain Bahasa Inggris, panitia akan menegur kami, English Please!, bahkan ketika kami sedang makan, hehe. Namun saya excited mengikuti event  ini,” ungkap salah satu partisipan, Halimah.

salah satu partisipan Ramadhan CAMP sedang menerjemahkan AL-QURAN ke bahasa Inggris

Salah satu pengajar yang pernah tinggal di Australia, Fitria Noviati, mengutarakan harapannya atas terseleggaranya acara ini, “Saya berharap Ramadhan Al-Quran Camp ini makin menyulut semangat generasi penerus kita untuk berjuang menjadi generus yg paham, faqih dan punya nilai plus dari sisi Bahasa Inggris. Di samping memang di era sekarang ini Bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam banyak hal, bahasa tersebut juga bermanfaat sebagai sarana beramar ma’ruf. Semoga siswa-siswa MNSJR InsIDE yang sekarang juga tambah semangat, tambah guyub bersaudara, makin aktif dan pesat dalam berprogres bersama.  Aamiin,”.

Jadi bagaimana teman-teman?

Apakah kamu masih penasaran dengan InsIDE dan Ramadhan Al -Quran Camp?  Tertarik untuk bergabung? Yuk, tunggu apalagi, join us to spread our knowledge all over the world!

Penulis: Latifah Nur Hidayat

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan