Education Center Mini Zoo Jogja Exotarium Sleman

Mini  Zoo Jogja Exotarium yang dikemas sebagai taman wisata edukasi diharapkan menjadi wahana pengetahuan tentang satwa, peternakan, dan budidaya Sayuran . Diresmikan oleh anggota DPD RI dari Yogyakarta, GKR Hemas didampingi Bupati Sleman, Sri Purnomo, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslidatun serta Direktur Mini Zoo Jogja Education Center, Drh Akbar Taruna, pada 23 Desember 2017.


YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – Mini Zoo Education Center juga ditujukan untuk mengembangbiakan satwa, terutama satwa langka agar tidak punah. Sehingga generasi penerus (anak cucu kita) nantinya dapat menyaksikan satwa tersebut secara nyata di alam kehidupan, bukan hanya di buka gambar. Direktur Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center, Drh Akbar Taruna menjelaskan, destinasi wisata ini berdiri di area seluas 9 hektar dan sesuai dengan brand, Mini  Zoo Jogja Exotarium Education Center, selain dijadikan wahana wisata keluarga, disini bisa menjadi ajang pendidikan, terutama terkait dengan satwa.

Letaknya yang hanya 500 meter dari pusat kota Sleman, yakni tepatnya di Jl Magelang Km 8 Sendangadi Mlati, dengan tempat yang teduh dan tenang.

“Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center menjadi pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga. Di sini anak-anak dapat bermain dengan aman sembari mengenal berbagai satwa,” kata Drh. Akbar Taruna.

Visi Jogja Exotarium (JE) adalah sebagai pusat perusahaan pariwisata terdepan di Indonesia berbasis Edukasi Satwa dan Alam yang mempertahankan kelestarian lingkungan, keramahan, dan kearifan lokal.

Mempunyai 5 Misi yaitu Memberikan pembelajaran langsung dalam bentuk praktik di lapangan sebagai pengalaman berharga dalam kehidupan, Memberikan pengalaman perjalanan wisata yang unik dan berbeda dalam bentuk edukasi aneka satwa yang mengedepankan prinsip kasih sayang terhadap satwa, keamanan, dan pelayanan, Penyajian suasana wisata yang nyaman dan sejuk dengan menpertahankan kelestarian alam sekitar, Menjadi pusat kegiatan pendidikan dan training yang mengedepankan kualitas dan profesionalisme dalam pelayanan, dan Ikut serta terlibat membangun dan mengembangkan wisata yang berada di Wilayah Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta serta pemberdayaan masyarakat lokal.

Destinasi wisata Kebun Binatang Mini (Mini Zoo) Jogja Exotarium. Menempati area seluas kurang lebih 9 hektar, destinasi wisata keluarga ini menawarkan berbagai anjungan, wahana dan fasilitas pada pengunjungnya.

Mini  Zoo Jogja Exotarium, mulai di tata sejak  25 Oktober 2017, dan menempati di atas tanah Khas Desa Sendangadi Mlati Sleman.  Lokasi destinasi berada di lembah  dan sebagian ereng-ereng teras iring yang di belah sungai Denggung membelah sisi barat dan timur destinasi Jogja Exotarium.

Kabupaten Sleman sejak hari Sabtu 23 Desember 2017 telah membuka destinasi baru di Areal Karang Geneng Sendangadi Sleman, kemudian keberadaannya diresmikan oleh Gusti Ranjeng Ratu Hemas (GKR) atau istri Gubernur DIY Sri Sutan HB X.

Drh. Akbar Taruna selaku Direktur Jogja Exotarium mengatakan, bahwa Kebun binatang Mini tersebut sebagai destinasi education center, akan semakin dilengkapi berbagai wahana permainan dan pendidikan untuk umum, anak-anak dan pelajar, selain para pencinta hobi satwa.

“Salah satu keunggulan destinasi wisata kami adalah dimungkinkannya pengunjung berinteraksi langsung dengan aneka satwa. Misalnya pengunjung dapat berfoto dengan aneka reptil atau memberi makan kelinci dan kura-kura. Selain itu pengunjung, utamanya anak-anak, juga dapat memperoleh pengalaman baru, misalnya, membajak sawah, menanam padi, naik gerobak sapi, tangkap ikan, tangkap belut, tubing, renang, belajar berkuda, dan memanah,” imbuhnya.

Jogja Exotarium hadir menjawab kebutuhan tujuan wisata keluarga, dengan menyajikan aneka ragam wahana yang dibutuhkan dan cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa yang menginginkan refreshing sekaligus melepas penat di akhir pekan. Menawarkan berbagai wahana, dan fasilitas yang menarik & berbagai bentuk pelayanan kepada para pengunjung.

Jam Operasional buka setiap hari pukul 08:00 – 17:00 WIB (Wahana Edukasi Satwa dan Perikanan). Harga tiket masuk pun terjangkau  untuk weekday Rp 10.000, weekend & libur nasional Rp 15.000, tiket berlaku untuk usia 3 (tiga) tahun keatas.

Di JE terdapat wahana satwa yang sangat diminati sebagai bahan pengetahuan sehingga terdapat :  edukasi satwa ada, reptil, hewan nocturnal (musang dan sugar glider), kelinci, berkuda, kambing etawa, burung, dan ikan.

Adapun berbagai Edukasi yang ditawarkan yaitu Edukasi Peternakan: budidaya peternakan sapi dan kambing PE. Edukasi Perikanan yaitu Budidaya Ikan Produksi dan Budidaya Ikan Hias dan Maskot. Edukasi dan Budidaya Sayuran Organik, Embung Jogja Exotarium, Kolam Tangkap Ikan, Pemancingan Keluarga, Play ground anak, Bumi Perkemahan, dan Lembah Mundu Resto.

“Untuk menambah betahnya para wisatawan maka JE juga melengkapi dengan sarana outbond training, cafe dan resto.  Sementara bagi pecinta fotografer, Jogja Exotarium spot selfie  di alam terbuka, ataupun di spot-spot  lokasi buatan yang cukup eksotis  terbalut  gemercik air di pinggir sungai Denggung, wisatawan diberikan seluasnya untuk berselfie ,” ungkap Direktur Jogja Exotarium.

Wahana satwa dan pertanian ada di sisi barat Sungai Denggung, sementara play ground, bumi perkemahan, restoran dan kafe ada di sisi timurnya. Wahana pertanian berada di lahan teras iring pertama sisi barat Sungai Denggung. Berbagai sayuran organik dikembangkan di tempat ini seperti, tomat, bayam, terong, cabai, dan sawi.

Wahana satwa ada di atas teras iring wahana pertanian. Ada juga satwa rusa, di sampingnya satwa kuda. Kemudian kelinci, nokturnal (musang, sugar glider), kura-kura, serta reptil (biawak, ular putih, piton).

Anastasya Kesia salah satu pengunjung mengungkapkan bahwa ia merasa nyaman dan bangga dengan wisata Jogja Exotarium karena wisata JE adalah wisata yang juga berpusat pada edukasi, mempertahankan kelestarian lingkungan, mengembangbiakan satwa, terutama satwa langka agar tidak punah.

Penulis: Cicilia Rosa

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan