Dies Natalis Polbangtan Yogyakarta-Magelang ke-1: Energy OF Revolustion 4.0

YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – Indonesia merupakan negara agraris sehingga perlunya generasi muda yang cinta pertanian agar dapat memajukan sektor pertanian di Indonesia. Dalam rangka Dies Natalis Politeknik Pembanguan Pertanian Yogyakarta-Magelang (YOMA) ke-1 ini bertujuan untuk memperkenalkan Polbangtan Yogyakarta-Magelang ke dunia luar dengan mengangkat tema “Energy Of Revolustion 4.0” serta reformasi nama yang awalnya dari STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian) menjadi Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian). Harapannya pemuda Indonesia dapat membawa perubahan dan memajukan pertanian khususnya di bidang penyuluhan pertanian.

Dies natalis yang pertama diadakan di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Yogyakarta-Magelang Jurusan Pertanian, Jalan Kusumanegara No. 2, Tahunan, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memperkenalkan Petani Milenial, dimana pertanian sudah tidak menggunakan alat tradisional tetapi sudah menggunakan teknologi pertanian yang ada saat ini sudah sedang berkembang. Era revolusi 4.0 ini kita mengembangkan pertanian melalui teknologi mekanisasi yang ada supaya menumbuhkan jiwa petani milenial. Peran dari generasi muda dalam memanfaatkan teknologi agar sektor pertanian di indonesia berkembang dengan baik.

UKM Paduan Suarasedang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dalam sambutannya sangat bersemangat dan berapi-api sehinga mahasiswi dan mahasiswa sangat fokus pada saat penyampaian dari Dra. Sukinah selaku Kasubag BAAKA mengatakan, bahwa harapannya pemudi-pemuda Indonesia dapat membawa perubahan dan memajukan pertanian khususnya dibidang pertanian.

Dra. Sukinah selaku Kasubag BAAKA sedang memberikan sambutan di hadapan mahasiswi dan mahasiswa Polbangtan YoMa,

Setelah ibu Dra. Sukinah memberikan sambutan tak lupa juga direktur Polbangtan YoMa menyapaikan sambutan. “Tentunya nanti dunia pendidikan memiliki peran dalam menyiapkan lulusan yang kreatif dan inovatif dan ini merupakan tantangan dari Politeknik Pembanguan Pertanian yang ada di Indonesia, kemudian bagi pengelola manajeman harus selalu merumuskan kurikulum. Kurikulum ini harus kontetable sesuai dengan perkembangan jadi secara umum kurikulum ini dapat diakumulasikan periodik tahunan sehingga dapat menyesuaikan perkembangan teknologi. Selanjutnya dapat meluluskan mahasiswa yang adaptif terhadap perubahan-perubahan yang komplek, berpikir kritis, kreatif kemudian yang tak kala pentingnya dapat melakukan koordinasi,” ungkap Dr. Rajiman, S.P., M.P. selaku direktur Polbangtan YoMa.

Dr. Rajiman, S.P., M.P. selaku direktur Polbangtan YoMa.

Ari Astuti selaku ketua panitia mengatakan, tujuan khusus dari kegiatan dies natalis Polbangtan YoMa antara lain meningkatkan tali kekeluargaan mahasiswa dan mahasiswa Yogyakarta dengan Polbangtan Magelang, meningkatkan kreatifitas mahasiswi dan mahasiswa Polbangtan YoMa supaya lebih maju lagi, dan menjalin kerjasama antar mahasiswa. Harapan dari dies natalis supaya nama Polbangtan lebih dikenal diluar, dimana Polbantan YoMa itu sendiri banyak orang atau kalangan milenial belum mengenal dan mengetahuinya.

Rangkaian acara dies natalis Polbangtan YoMa yang pertama ini upacara pembukaan, sambutan pak direktur, sambutan ketua panitia, lomba menghias tumpeng, menyanyi  antar kelas, lomba futsal mahasiswa antara Polbangtan Yogyakarta dengan Polbang Magelang, temu usaha, dan Polbangtan expo. Hal yang menarik dari dies natalis Polbangtan YoMa pada saat pemotongan tumpeng dan pelepasan burung merpati oleh Dr. Rajiman, S.P., M.P. selaku direktur Polbangtan YoMa.

Dari serangkaian acara tersebut ada sesuatu yang tak kalah menarik perhatian yaitu keikutsertaan pihak lembaga dalam lomba menghias tumpeng bersama dengan mahasiswi dan mahasiswa Polbangtan YoMA yang menjadi peserta. Kegiatan ini dapat menjalin hubungan yang semakin kompak antara pihak lembaga dengan mahasiswa dan mahasiswi Polbangtan YoMa serta membentuk kesinergian bersama dalam kekeluargaan.

Selain lomba menghias tumpeng dari mahasiswa juga dari lembaga ikut berpartisipasi  dalam lomba menghias tumpeng tersebut. Setelah acara lomba tumpeng ada acara yang sangat di tunggu-tunggu yaitu ramah tamah antara mahasiswa mahasiswi Yogyakarta dengan Magelang, selain itu juga antara kelembagaan. Kegiatan selanjutnya yaitu lomba karoke antar kelas.

Salah satu mahasiswa Polbangtan YoMa sedang membawakan lagu di acara ramah tamah.

Pada saat opening ceremony diisi oleh penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari yang berkolaborasi dengan UKM musik dan UKM Paduan Suara berkoaborasi membawakan lagu nusantara dan lagu tanah air. UKM Musik membawakan musik yang bertujuan mengiringi tarian bersama-sama UKM paduan suara.

“Tari yang dibawakan adalah tari nusantara dan tari kreasi yaitu mengkombinasikan dari berbagai gerakan tarian dan lagu-lagu daerah, perasaan pada saat menari tentu sangat senang sekali karena diberi kesempatan menari disalah satu event Polbangtan terlebih ini adalah event dies natalis Polbangtan YoMa yang pertama. Dalam persiapan sebelum tampil menari pokok utama adalah menentukan jenis tarian atau tema tarian yang akan dibawakan, kemudian persiapan dalam latihan sebelum tampil yaitu satu minggu dalam mempersiapkan tarian tersebut”. Ungkap Dinda Amalia Gumay selaku peserta tari.

UKM Tari Polbangtan Yogyakarta.

“Pada tahun 2019 ini akan ada pergantian Menteri Pertanian harapannya dapat mengembangkan Polbangtan lebih maju dan memperkenalkan lagi baik di kalangan nasional maupun internasional” ungkap Ari Astuti (25/06/19).

Reva Bimo selaku panitia juga mengatakan, harapannya siapapun menterinya nanti membawa perubahan baik khususnya dibidang pertanian dan mensukseskan pertanian di Indonesia.

Dialog Kebangsaan POLBANGTAN YoMa: Membangun Generasi Muda Berjiwa Pancasila di Era 4.0

Di akhir lomba futsal yang dimenangkan 11 untuk Polbangtan Yogyakarta jurusan Pertanian dan 7 untuk Polbangtan Peternakan Magelang, diumumkan juga lomba tumpeng dan lomba karaoke. Berikut para pemenangnya.

Peserta lomba futsal Polbangtan YoMa.

Lomba Tumpeng:

Juara 1 dimengkan oleh kelas 8C.

Juara 2 dimengkan oleh kelas 8B.

Juara 3 dimengkan Kaugana.

Lomba Karaoke:

Juara 1 dimengkan oleh Adi Wahyu Romadhon (Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan).

Juara 2 dimengkan oleh Aina Nindi (Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan 2A).

Juara 3 dimengkan oleh Rian Dwi Astuti (Teknologi Pakan Ternak).

Makna dari kegiatan dies natalis ini ialah menjalin rasa kekeluargaan dan kerja sama antara pihak lembaga maupun mahasiswa-mahasiswi Polbangtan YoMa. Tidak hanya itu juga tetapi mengembangkan potensi yang dimiliki oleh para mahasiswa-mahasiswi Polbangtan YoMa dengan menunjukan bakat dan minat melalui kreativitas mahasiswa yang di implementasikan saat event dies natalis yang pertama, dan event yang akan diselenggarakan di tahun 2019 ini.

Penulis: Pianto Ramadhan

Editor: *R.V.N*

Tinggalkan Balasan