Dies Natalis and Christmas Celebration UKM Katolik Christophorus UMBY

Perayaan satu tahun terbentuknya UKM Katolik Christophorus UMBY dan perayaan natal yang kedua di kampus tiga ini mengangkat tema “Merefleksikan Kelahiran Yesus Kristus Dalam Merawat Kebhinekaan Di Era Disrupsi”. Akan banyak sajian budaya seperti tarian tradisional, lagu daerah dari Nusantara Republik Indonesia yang telah disiapkan panitia.


YOGYAKARTA, MATAMEDIA-RI.com – UKM Katolik Christophorus Universitas Mercu Buana Yogyakarta akan menyelenggarakan natal di tahun ini dengan tema “Merefleksikan Kelahiran Yesus Kristus Dalam Merawat Kebhinekaan Di Era Disrupsi” yang akan di selenggarakan pada tanggal 28 Desemeber 2018 di auditorium kampus 3 UMBY. Acara natal ini juga diselenggarakan sebagai hari terbentuknya UKM Katolik Christophorus Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang ke 1 tahun.

“Tema ini kita ambil karna kita prihatin dengan generasi milenial sekarang, karna generasi milenial sekarang itu sudah tercuci otaknya dengan kebudayan-kebudayan dari luar yakni kebudayan dari barat” ujar Brian Fazri Hernando selaku ketua pelaksana.

Tak bisa pungkiri bahwasanya generasi milenial sekarang ini lebih condong kearah budaya barat, dan tahun demi tahun budaya dari tempat lahirnya sendiri akan mulai menghilang dan bisa jadi tidak akan ada penerusnya di tahun-tahun yang akan datang. Tema natal tahun ini sebagai bentuk rasa kepedulian teman-teman UKM Katolik Christophorus Universitas Mercu Buana Yogyakarta agar generasi milenial sadar diri bahwasanya kita sebagai bangsa Indonesia sangat kaya akan budaya dan layak untuk dikenalkan ke khalayak luas bahkan dunia internasional.

“Contoh sederhana dulu anak–anak kecil yang dulunya belajar kelompok terus habis itu mainnya main kelereng atau lompat tali, anak sekarang sudah jauh berbeda, sekarang mereka mainnya main handphone jadi kurang bersosialisasi dan itu sangat memperihatinkan untuk kita panitia natal tahun ini” kata Brian Fazri Hernando selaku ketua pelaksana.

Natal tahun ini juga didasari dari situasi realitas di era digital yang membuat orang muda atau milenial menjadi apatis dan mampu terkonstruksi oleh paham radikal yang kini sangat masif. Apalagi ini di tahun politik masyarakat mengalami kebanjiran berita-berita hoax, Maka dari itu UKMK Christophorus mengajak seluruh mahasiswa untuk merefleksikan arti dari lahirnya Yesus Kristus untuk hadir didunia ini dan mengoptimalkan perkembangan teknologi digital untuk lebih bijak dan dewasa.

Persiapan natal di tahun ini sudah sangat diperhitungkan mulai dari mempersiapkan barang bekas untuk kegiatan natalnya. Dimana kegiatan natal di tahun ini UKMK Christophorus memanfaatkan barang bekas atau hampir 50% dari dekor untuk menghias pohon natal, contohnya seperti hiasan natal mereka buat dari kertas koran bekas untuk hiasan natal, terus untuk boneka natal mereka bikin dari cap-cap bekas yang mereka cari dan mereka kumpulkan, mereka memanfaatkan barang tak terpakai untuk mendekor natal di tahun ini.

Acara natal untuk tahun ini akan diadakan pada hari jumat dan pada pukul 15.00 WIB  sampai 20.00 WIB dan lokasi perayaan natal di tahun ini akan berada di Auditorium kampus 3 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Persiapan dari panitia natal tahun ini sudah jauh hari dilakukan dan untuk pendekorasiannya sendiri panitia akan melakukannya dihari H dan bekerja dari jam 07.00 Wib sampai sebelum acara dimulai.

“Kegiatan natal tahun ini akan mengadakan talkshow dimana talkshow tersebut nantinya akan berkaitan dengan tema yaitu Kebhinekaan, namun panitia membatalkannya karna dana yang tidak mencukupi dan akhirnya kegiatannya sendiri diubah dari jam 15.00 wib – 21.30 wib” ujar Brian Fazri Hernando selaku ketua pelaksana

Natal tahun ini turut serta mengundang beberapa Guest Star yaitu Romo Yosep Aurelius Bule, Merry Anggia salah satu Master Ceremony dan juga kedatangan tamu dari komika yaitu Iren Wale dan yang terakhir kedatangan penyanyi dari Indie Jogja yaitu Nisa Winartha.

Selain Guest Star diatas akan hadir dan memberikan sambutan dari mba Rosalia Prismarini N, S.Sos.,M,A selaku pembina dari UKMK dan Barita selaku pembimbing dari UKMK dan yang terakhir dari ketua pelaksananya sendiri yaitu Brian. Natal tahun ini turut serta mengundang Komasa yang menarikan tarian tradisional tari Tor–Tor Batak, dan Ayu Koa dan kawan–kawan akan membawakan dance dan yang terakhir ada Were Wolf Motus yang akan membawakan dance. Lagu-lagu daerah pun akan dinyayikan sebagai rangkaian dari acara untuk menghibur para audience.

Tidak lupa penyanyi yang akan tampil di acara natal tahun ini ada Yunike Febriyana, Tiara dan yang terakhir ada duet dari Febby dan Alan. Di acara natal tahun ini panitia sudah mempersiapkan beberapa dorprize yang nantinya akan diberikan kepada pengunjung untuk memeriahkan natal di tahun ini. Di salah satu  sesi yang ditunggu–tunggu yaitu Tebe Bersama yang nantinya semua pengunjung akan menari bersama-sama untuk saling mempererat hubungan satu sama lain.

“Saya sudah berkomitmen sama diri saya sendiri saya bakal berjuang sebagus mungkin berjuang supaya acara ini menjadi sebagus mungkin semeriah mungkin dan spektakuler,” ungkap Brian Fazri Hernando.

Brian Fazri Hernando mengatakan, dia ingin membuat natal tahun ini sangat berbeda di tahun–tahun yang kemarin dan juga ingin berjuang sebisa mungkin agar perayaan natal di tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar. Sebuah perjuangan yang telah dilewati Brian dan panitia sebelum hari H sudah sangat menguras banyak tenaga dan di tambah lagi Brian harus bolak–balik dari kampus ke rumahnya yang di jalan kaliurang km 12/5.

Terpilihnya Brian Fazri Hernando menjadi ketua tidaklah segampang itu, ada 3 orang yang mencalonkan diri untuk menjadi ketua penyelenggara natal di tahun ini, dua diantaranya yaitu Klear, dan yang terakhir Gio. Pemilihan sendiri dipilih secara langsung yaitu waktu makrab UKMK Christophorus sehabis dari  situ langsung dipilih untuk siapa yang menjadi ketua panitia.

“Kebutulan dari apa yang sudah saya utarakan untuk mempromosikan diri saya sebagai ketua tema-teman memilih saya untuk menjadi ketua panitia, teman-teman Christophorus mempercayai saya untuk menjadi ketua panitianya” kata Brian Fazri Hernando.

Kita doakan ya gaes besok acara ibadah dan perayaan satu tahun terbentuknya UKMK Christophorus Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan tema “Merefleksikan Kelahiran Yesus Kristus Dalam Merawat Kebhinekaan Di Era Disrupsi” berjalan lancar, sukses dan  damai Natal selalu menyertai kita semua…

Aminnn…

Penulis: Edi Sutrisno

Editor: *R★.V.★N*

 

Tinggalkan Balasan