Kebaya Jogja Busana Elegan Masa Kini

MATAMEDIA- RI.com – Kebaya. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kebaya? Pasti sedikit terlintas tentang masalah model kebaya yang dipakai ribet dan terlalu jaman dulu? Atau mungkin sekilas terlintas hanya biasa dipakai oleh pengantin? Atau juga terbayang, kebaya di pakai hanya untuk acara mantenan dan kondangan saja?

Mungkin itu dulu, tetapi tidak untuk sekarang.

Kebaya adalah salah satu fashion tradisional dari Jawa yang paling dikenal di masyarakat umum. Kebaya memiliki desain yang unik, simple dan biasanya bermotif bunga.

Sekarang model baju kebaya memiliki desain yang bervariatif, mulai dari kebaya zaman dahulu sampai kebaya trend masa kini. Dengan desain yang bervariasi, dan kombinasi menggunakan bahan, warna dan model.

Nah, kebaya sangat identik dengan busana acara pernikahan, terutama untuk busana pengantin. Dulu kebaya memang semata – mata hanya baju tradisional saja. Namun, trend kebaya sekarang sudah mengalami perkembangan yang pesat, mempunyai segi kualitas semakin baik dan memiliki desain yang cantik bervariatif serta menggunakan bahan – bahan nyaman sehingga membuat senang dan nyaman pemakainya.

Kini kebaya tidak hanya dikenakan saat acara resmi saja seperti pre-wedding, menerima tamu, acara syawalan, pesta, wisuda dan lainnya. Namun baju kebaya sekarang sudah banyak dikenakan saat bekerja, menjadi seragam, bahkan kuliah. Hal ini merupakan ladang bagi para desainer untuk perlombaan dan bahkan sekolahpun ada yang mewajibkan memakai baju kebaya saat hari tertentu.

Kebanyakan model kebaya yang digemari remaja saat ini adalah kutu baru dan encim.  Ada pula beberapa kebaya yang cenderung memiliki warna soft atau satu warna, simple, tidak berpayet, tidak kebanyakan motif dan tidak terlalu banyak aksesoris yang menempel pada kebaya.

Untuk kebaya berpayet di rancang sebagai gaun pengantin agar terlihat mewah dan elegan. Biasanya dipadukan dengan tile dan juga brukat bisa dengan warna menabrak atau soft. Kebaya kutu baru dan encim dipadukan dengan bawahan jarik jogja modifikasi, jarik yang mempunyai sedikit lekukan rimpel dan instan jarik jaman 80an yang mulai trend kembali.

Kebaya bagi hijabers menggunakan dalaman manset atau kain satin dan bagi yang tidak memakai jilbab berlengan pendek dengan dalaman kamisol akan memberi kesan baju lebih pas dan kelihatan anggun saat digunakan.

Remaja masa kini juga menggemari kebaya rancangan para desainer dengan bahan katun Jepang dikombinasikan dengan brukat dan tile tanpa tambahan aksesoris yang berlebih kemudian dengan perpaduan warna yang menabrak akan memunculkan variasi bunga menjadi terlihat cantik terutama untuk gaun pengantin.

Tidak hanya trend di kawula muda saja, namun ibu hamil, ibu menyusui dan wanita yang memiliki postur badan berisi alias gemukpun tidak kalah eksis dan bisa tampil cantik mempesona dengan desain modern yang penuh kreativitas.

Para desainer selalu mengkombinasikan hal-hal terbaru, agar peminat kebaya semakin meningkat dan cocok untuk bisa dikenakan siapapun. Desiner kebaya merancang dan menyulap selembar kain yang biasa saja dengan tangannya yang terampil dan ulet bisa menjadi kebaya yang diimpikan mereka.

Khusus untuk yang berbadan gemuk, biasanya akan cool dengan lengan pendek atau setengah lengan dan menggunakan warna – warna soft seperti peach, gold, coklat dan sebagainya.

Model kebaya kembaran juga menjadi salah satu trend masa kini. Salah satu kebaya yang sedang hits ialah kebaya kembaran. Kebaya kembaran adalah model kebaya yang sama, biasanya dengan bahan yang sama, warna serta motif yang sama dan padu.

Ada yang membuat kebaya kembaran dengan keluarga ataupun kerabat. Lihat saja di tempat–tempat pesta banyak yang mengenakan kebaya berseragam, seperti remaja atau keluarga, teman kerabat, sahabat menghadiri acara seperti kondangan pernikahan, ke pesta dan lain–lain menggunakan kebaya kembar.

Disinilah mereka yang mengenakan kebaya akan memancarkan aura anggun, cantik,  rapi, kompak dan terlihat harmonis. Di acara pesta tersebut tentulah mencuri perhatian banyak orang.

Apalagi di acara crusial dan historis seperti acara wisuda, pada saat prosesi wisuda. Sama halnya prosesi pernikahan, wisuda juga hanya dialami seseorang sekali seumur hidup dan pastinya menjadi hari yang bersejarah oleh kalangan mahasiswa.

Bahkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Jawapun di acara wisuda juga mengenakan kebaya, meskipun dipadukan dengan bawahan kain khas dari daerah asalnya masing-masing.

            Save Kebaya, Love Kebaya!

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan