Mahasiswa Interpreneur: I Wont To Be Success!

MATAMEDIA-RI.com – Perkembangan zaman semakin pesat yang menuntut kita untuk selalu berkembang mengikuti dinamisasi sosial masyarakat. Perkembangan di ranah teknologi dan ekonomi merupakan kategori yang perlu di kembangkan dalam diri mahasiswa indonesia di era millenial. Jika salah satu aspek tersebut tidak tertanam dalam diri mahasiswa maka akan sulit bagi mereka untuk dapat bersaing di dunia yang sudah berbasis digital saat ini, terutama pada pokok pembahasan dalam tulisan ini mengenai bidang ekonomi (Interpreneurship).

Praktik dalam dunia perkuliahan bidang sosial dan teknologi sudah menjadi media pendidikan tersendiri, lalu bagaimana dengan ilmu dan praktik bidang ekonomi? Bagi mahasiswa yang sedang menjalani studi selain ilmu ekonomi, mungkin akan memandang sebelah mata hal ini. Karena dalam mindset yang selama ini dibangun setelah lulus dari perguruan tinggi akan langsung berkerja di suatu lembaga atau instansi sehingga mengkesampingkan petingnya pengetahuan ekonomi terutama bidang entrepreneurship. Padahal mau mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha itu sangat penting lho untuk dimiliki kaum muda era 4.0 sekarang.

Mengapa setiap orang harus berwirausaha ?

Saat ini, jumlah populasi masyarakat di Indonesia berdasarkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada  tahun 2018 mencapai 265 juta jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 133,17 juta jiwa pria dan 131,88 juta jiwa wanita. Seiring dengan tumbuhnya populasi yang makin pesat, bertambah pula tingkat pengangguran pada usia produktif dikarenakan sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Di sini bidang kewirausahaan memainkan peran penting untuk menciptakan inovasi dan pandangan baru dalam mengelola peluang yang tersedia pada sumber daya alam ataupun manusia untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Bagaimana menumbuhkan minat berwirausaha?

Menumbuhkan minat berwirausaha perlu dikembangkan dalam diri mahasiswa dengan cara meningkatkan produktivitas, kreatifitas dalam berinovasi dan berfikir sistemis. Yuk simak hal-hal penting untuk menumbuhkan minat berwirausaha:

Pertama keuangan, hal ini sudah menjadi pokok pembahasan lama dalam hadirnya mahaiswa yang memulai berwirausaha lantaran keterbatasan biaya terutama karena tuntutan agar bisa mencukupi kebutuhan hidup dan kuliah. Dari problematika ini akan memuculkan naluri untuk memulai berwirausaha.

Kedua kurikulum kewirausahaan, dengan menghadirkan progam studi kewirausahan beberapa Universitas sudah menjadikan kewirausahaan sebagai mata kulah wajib bagi mahaiswa agar dapat memberi gambaran mengenai dunia wirausaha, mulai dari teori dan  keterampilan dalam berwirausaha yang nantinya dijadikan bekal bagi mahaiswa saat terjun ke dunia bisnis baik saat masih menjadi mahasiswa atau setelah lulus dari dunia perkuliahan,. Namun bagaimana jika mahasiswa tidak langsung menjadikan ini sebagai ajang praktik dan mengangap hanya sekedar teori belaka? Oleh kerena itu perlu adanya media praktik bagi mahasiswa.

Ketiga Program Praktik Berwirausaha (PPW) merupakan sebuah ajang praktik mahasiswa untuk dapat mengamalkan ilmu yang didapat di ruang perkuliahaan dan sebuah cara memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerja sebagaimana karyawan dalam dunia kerja khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM), sehinngga mahasiswa tidak terperangah lagi perihal dunia wirausaha karena sudah pernah merasakannya.

Keempat berwirausaha berdasarkan hobi. Kreativitas adalah salah satu bahan utama untuk mulai berwirausaha, karena biasanya mahasiwa yang memiliki hobi tertentu akan kreatif mengunakan hobinya sebagai media untuk mengasilkan pundi-pundi uang. Nah, menjadikan passion untuk menghasilkan pendapatan bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan lho.

Kelima mengisi waktu luang, liburan kuliah yang cukup lama terkadang dimanfaatkan mahaiswa untuk berwirausaha. Kreatifitas kewirausahan muncul saat mahasiswa mulai berinovasi untuk mengisi waktu senggang.

Apa manfaat berwirausaha bagi mahasiswa ?

Manfaat yang  didapat jika mahasiswa mulai bewirausaha dengan meningkatkan soft skill dalam dunia bisnis, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, mengembangkan sifat kreatif dan inovatif untuk mendapatkan pengasilan dari apa yang di usahakan dapat membantu memenuhi kebutuhan sebagai mahasiswa dan tentunya dapat dijadikan bekal di masa yang akan datang.

“Orang tua menjadi motivasi utama saya dalam berbisnis dan saya ingin mencoba untuk sukses di usia muda” jawab Misbah Hudin Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang tengah menjalani bisnis produk kesehatan saat di wawancarai perihal alasanya untuk berwirausaha.

Apa kekurangan berwirausaha bagi mahasiswa ?

Saat kita mulai bewirausaha pasti ada kekurangan namun dapat dijadikan suatu pembelajaran yang bermanfaat bagi mahaisiwa meski penuh resiko yang harus dihadapi. Untung dan rugi menjadi suatu hal yang biasa. Terkadang saat mendapat rugi beberapa mahasiswa cenderung berputus asa sehingga tidak melanjutkan usahanya, padahal bagi siapapun ketika berkomitmen untuk memulai bisnis pasti akan mengalami rugi ataupun terbengkalainya waktu kuliah karena mahasiswa cenderung fokus pada bisnis usahanya. Nah, di sinilah mahaiswa dituntun untuk belajar memanajemen waktu dan diri sendiri.

Mungkin itu yang bisa penulis jabarkan tentang kewirausahaan (Enterpreneurship) bagi mahaisiwa karena penulis sendiri juga sedang menjajal dunia kewirausahaan dengan berjualan setiker dengan brand HUDSticker dan menulis sebuah naskah novel yang nantinya dapat menghasilkan profit. Dari rangkaian kalimat sederhana ini penulis berharap dapat memberkan manfaat baik itu untuk penulis maupun pembaca Mata Media.

Penulis : Ahmad Fathul Huda (afh_huda)

Editor: Wiwin Winarni

Tinggalkan Balasan