Ular Naga Panjang

MATAMEDIA- RI.com – Permainan-permainan tradisional mulai tenggelam oleh game online yang di mainkan di smartphone. Permainan-permainan tradisional sejatinya memberi banyak manfaat untuk anak telah terpinggirkan dan hampir tenggelam. Ular naga panjang adalah salah satu permainan tradisional yang dapat kita memberikan suasana ceria dan hangat untuk anak-anak.

 Hai adik adik manis. Ada rahasia apa sih di balik gadget yang adik adik bawa. Iya, yang di isi daya menggunakan batrai juga listrik. Dan adik adik menunggu lama dan bosan untuk menunggu batrai nya penuh. Karena itu juga, adik adik tidak tau betapa menyenangkan nya bermain dengan teman teman.

Tau kah adik adik, bahwasanya bermain game online itu selain ada banyak hal positifnya, ada juga hal negatifnya loh. Iya, seperti adik adik yang ketahui sendiri bahwa, terlalu sering bermain game online dapat menyebabkan beberaapa faktor. Mulai dari faktor dalam maupun luar, seperti adik adik tak dapat melihat senyum juga candaan dari teman teman. Adik adik juga bisa saja kehilangan seorang teman karena adik adik selalu terfokuskan oleh mainan game online adik adik sendiri. Adik adik pasti tau itu kan.

Lalu bagaimana jika teman adik adik manis ini kurang beruntung?. Iya, ada teman adik adik yang tidak memiliki game atau mainan online tersebut, karena faktor ekonomi. Apakah adik adik tidak merasa kasihan. Bermain game online itu boleh saja, akan tetapi ciptakan pula permainan permainan seperti permainan tradisional yang akhir akhir ini mungkin adik adik sudah lupa. Dengan kata lain, hampir hilang atau punah.

Sedikit mengenai permainan tradisional di negara tercinta ini. Ada sangat banyak permainan dari berbagai suku dan budaya, akan tetapi nampaknya di jaman sekarang ini sudah sangat jarang terlihat. Mirisnya, adik adik lebih tertarik pada game online yang jika terlalu sering memainkannya akan berdampak negatif bagi anak bangsa juga bangsa indonesia sendiri. Misalnya saja permainan permainan kecil seperti, gobak sodor, egrang, lompat tali, cublak cublak suweng, petak umpet dan masih banyak lagi, permainan ini sendiri sudah sangat jarang terlihat. Bahkan sebagian besar, tidak tau cara memainkannya apalagi sampai benar benar memainkanya. Sampai sekarang, bahkan adik adik butuh bimbingan khusus mengenai hal ini, seperti mulai mengingatkan juga memperkenalkan kembali permainan tradisional, suku dan budaya di negara Indonesia.

Salah satu permainan tradisional yang kini mulai jarang terlihat ialah permainan ular naga. Iya, permainan ular naga yang sangat menyenangkan. Adik adik dapat bermain bersama teman teman juga bersama sahabat. Permainan ini dapat di mainkan lebih dari satu orang, lima orang bahkan lebih. Lebih menyenangkan bukan?, adik adik dapat bermain bersama kawan kawan, dan saling tertawa bersama.

Cara permainan ini ialah, adik adik terlebih dahulu hompimpa. Biasanya di mainkan oleh tujuh orang, dua orang sebagai penjaga dan sisanya akan berjalan melewati si penjaga tersebut. Setelah di tentukan siapa yang mejadi penjaganya, maka sisa nya dapat berbaris seperti halnya sebuah kereta. Posisi tangan di letakkan di atas pundak teman yang berada di depannya. Kemudian sambil berjalan menelusuri dua penjaga, serta sambil menyanyikan lagu ular panjang, dan meyusuri ibarat ular panjang yang masuk dalam terowongan.

Lirik “Ular Naga PanjangnyaLagu Anak ini dipublikasikan pada tanggal 2 Januari 2009 oleh admin dalam katalog Lagu Anak. Lagu ini masih berupa single.

Lirik Lagu Ular Naga Panjangnya

Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang

Saat menyusuri dua penjaga tersebut dan lagu yang di nyanyikan habis, maka sebagai ular harus berhenti, pastilah salah satu dari peran ular akan terjepit oleh dua penjaga tersebut, begitu seterusnya. Semakin lama, maka ular itu semakin pendek dan habis. Setelah itu, ular  yang paling akhir tertangkap, maka ia layak jadi pemimpin pasukan bagian dari ular tesebut. Dan untuk kedua penjaga, harus menentukan siapa yang akan di depan sebagai pemimpin untuk menghabiskan si ular dengan cara menyentuh masing masing dari ular, seperti itu dan seterusnya, apabila semua sudah termakan oleh penjaga maka permainan tersebut selesai. Dan penjaga berhak berganti sebagai pemain ular yang akan menyusuri terowongan, sedang yang menjadi barisan ular tadi, kembali hompimpa untuk menentukan siapa yang akan menjadi penjaganya.

 

Manfaat dan kelebihan.

Lebih kreatif, karena adik adik dapat mengasah kembali pola pikir dan strategi saat permainan. Dapat di gunakan sebagai terapi, dapat melepas emosi dengan berteriak, tertawa, bergerak dan sejenisnya. Dapat meningkatkan kecerdasan adik-adik.

Hampir semua pernainan tradisional di lakukan secara berkelompok, karena dapat mengasah kemampuan anak dalam kekompakan team, mengasah saya pikir yang lebih ketimbang game online, nyaman dan dapat terbiasa dalam kelompok, menyehatkan akibat berkeringat dan lebih aktif, menambah daya semangat yang lebih positif.

Nah, itu tadi adalah nyanyian lagu ular naga panjang. Jadi adik adik dapat mencobanya. Bermain dan menyanyikan lagu tersebut bersama teman teman. Bahkan adik adik tidak perlu menunggu batrainya penuh untuk memainkan nya, hehe. Adik adik dapat menciptakan suasana hangat, menyenangkan juga riang bersama kawan tersayang.

Selamat mencoba ya adik adik. Kapan kapan, kita main bareng.

Ting !! 😉

Editor: *R★.V.★N*

Tinggalkan Balasan