APA Dari Civitas Akademika UNKRIS?

MATAMEDIA- RI.com 

Oh…!

Selamat datang, cinta…

Rengkuhlah aku ke haribaan pelukanmu yang memabukkan!

Terbangkanlah aku ke hamparan luas cakrawala yang tak bertepi, agar aku kian mengerti segala rahasia kehidupan yang selama ini tersembunyi.

Jangan dikira cinta datang dari keakraban yang lama dan karena pendekatan yang tekun

Cinta adalah kecocokan jiwa

Dan jika itu tak pernah ada,

Cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad.

–Kahlil Gibran –

Rubrik APA? di bulan Februari berisi pertanyaan “Penting gak sih masyarakat Indonesia ngerayain Valentine Day?”

Yang telah menjawab pertanyaan dari keredaksian kami berasal dari Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana:

 

Menurut saya, hari valentine atau hari kasih sayang yang di tetapkan tanggal 14 februari itu tidak penting untuk dirayakan, karena kasih sayang yang sebenarnya bisa diberikan setiap hari atau kapanpun. Tetapi dilain itu, ada sisi positif yang bisa diambil, yaitu dengan ditetapkannya hari valentine kita masyarakat indonesia diingatkan kembali untuk berbagi kasih kepada sesama manusia.

Destri Mirogate, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana.

 

Menurut saya tidak penting karena buat apa membuang-buang duit untuk membeli bunga atau coklat di hari valentine dan juga hari kasih sayang bisa dirayakan setiap hari.

Hema Dwi Aprilia, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana.

 

Valentine yang terjadi di kalangan remaja dan anak muda sekarang sungguh memprihatinkan. Banyak anak muda yang justru menyalahartikan perayaan Valentine dengan menjadikannya sebagai hari kebebasan yang kebablasan. Nggak sedikit anak gadis yang katanya demi cinta rela ngorbanin keperawanannya buat sang kekasih. Pesta alkohol dan narkoba pun juga nggak ketinggalan di perayaan Valentine bagi sebagian anak muda. Bukan hari Valentine yang seharusnya dilarang. Tapi cara perayaan yang salah itulah yang dilarang. Karena sebenarnya melakukan seks bebas, minum-minuman keras, dan mengkonsumsi narkoba nggak hanya dilakukan saat Valentine aja. Di luar hari Valentine bahkan lebih banyak anak muda yang bertindak seperti itu. Sedangkan kalau dilihat makna dari hari Valentine yang sebenarnya itu kan berbagi kasih sayang yang nggak cuma dibagi ke pasangan, tapi juga ke orang tua, keluarga, sahabat, guru, bahkan untuk sesama yang kurang mampu. Walaupun banyak orang yang menilai bahwa hari Valentine bukanlah hari yang spesial, karena berbagi kasih sayang itu nggak cuma satu hari (saya pun juga setuju dengan hal ini), bukan berarti hari Valentine itu harus dihapus dan dilarang.

Fionita Pratiwi Rau, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana.

 

Tanggal 14 februari adalah hari yang biasa disebut valentine day,  hari ini identik dengan memberikan kado, cokelat, sesuatu yang bernilai indah kepada someone special. kebiasaan ini mulai diikuti oleh masyarakat indonesia bahkan yang beragama islam. Karena menurut saya didalam agama islam setiap harinya adalah hari kasih sayang, setiap harinya adalah hari spesial, di dalam agama islam tidak mengkhususkan suatu hari untuk bertukar hadiah tetapi setiap harinya bisa dilakukan. Itulah indahnya islam,  we can take care with another people not 1 day,  but everyday.

Poppy Wurienta Agatha, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana.

 

Hari valentine tidak seharusnya dirayakan di Indonesia, meskipun saya seorang non-Muslim tetapi saya berpendapat hari kasih sayang itu berlaku setiap hari bukan tanggal 14 februari saja.

Hartingting Dharmawan, BEM Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana.

 

Kontributor: Dona Gita Dinanti, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Krisnadwipayana.

Tinggalkan Balasan