APA? Dari Civitas Akademika UAJY

MATAMEDIA- RI.com – Rubrik APA? di bulan November mengangkat tema Pahlawan Nasional. Dengan sebuah pertanyaan “Apa Makna Hari Pahlawan Nasional Bagi Kamu?” Pertanyaan tersebut akan kami arahkan ke pihak-pihak yang berada dalam lingkup Civitas Akademika.

“Sungguh pilu jika memaknai kondisi zaman sekarang dengan perjuangan perjuangan sang pahlawan, hanya tersisa semangat juang yang kita bisa petik. Karena kita di lahirkan di zaman millennium yang berarti juga sudah berakhir penjajahan fisik, saatnya anak bangsa untuk terjun ke pentas global. Tandai dan maknai darah juang pahlawan, biarlah sembilu yang dulu berlalu menjadi karya untuk bangsa.”

-Vania Athalia, BEM Fakultas Ekonomi UAJY-

 

“To be heroic is to be courageous enough to die for something. Nggak akan ada namanya bangsa Indonesia yang mardeka tanpa pahlawan-pahlawanku.”

-Irma Febriana, Mahasiswi Fakultas Hukum UAJY

 

“Raga memang telah lenyap termakan era

Namun semangat api tetap bersemayam tanpa mengenal masa

Menghargai pahlawan bukan semata-mata mengucapkan “Hari Pahlawan” beserta tagar bermacam rupa

Melainkan bagaimana kita menyatupadukan semangat juang beserta pancasila”

-Rizky Xavier, Mahasiswa Fakultas Hukum UAJY-

 

“Jika di tanya apa makna bagi saya, sangat sulit untuk menjawabnya. Jujur, saya tidak pernah merasakan substansi atau hal penting dari adanya Hari Pahlawan ini, karena memang bangsa kita sendiri terkhusus generasi muda bangsanya tidak pernah care atau respect dengan para pejuang. Nilai-nilai yang dianut pun lebih sebagai generasi pecundang dibanding generasi pejuang. Generasi muda sekarang lebih cari aman dan tidak mau mengambil resiko. Jika saya harus menjawab, maka jawaban saya adalah tidak ada makna yang esensial dari seremoni Hari Pahlawan.”

-Timothy Ivan Triyono, Ketua Komunitas Anti Korupsi (KOMUTASI) Fakultas Hukum UAJY-

 

“Seorang yang telah berjasa memberi suatu pengorbanan positif tanpa inbalan karena pahlawan selalu mengutamakan kesejahteraan dan kepedulian di bandingkan kekuasaaan dan hal materil.”

-Jaya Mendrofa, Wakil Ketua Komunitas Anti Korupsi (KOMUTASI) Fakultas Hukum UAJY-

(Bagas Puta Anugrah)

Tinggalkan Balasan